Minggu, 15 Januari 2012

Interior Apartemen Park Avenue New York Jadi Inspirasi

Penulis : Imelda Anwar Fotografer : M. Ifran Nurdin

Kesan elegan dan stylish dari apartemen di Park Avenue, New York menginspirasi penataan interior hunian ini. Warna putih yang mendominasi berbagai ruangan menjadi ‘latar belakang’ penataan furnitur yang bergaya semi klasik.

Apartemen di area Park Avenue merupakan kawasan tempat tinggal prestis dan mencerminkan gaya hidup masyarakat urban kalangan atas. Hunian di area tersebut sangat glamor dengan layout yang serba terbuka, plafon tinggi dan jendela lebar sehingga memberi pemandangan “fantastis” ke arah pusat kota New York, Amerika Serikat. Kesan elegan dan stylish inilah yang menginspirasi desainer interior Shirley Gouw dalam menata mock up apartemen yang berada di showroom Elite Grahacipta di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Desainer muda lulusan Inchbald School of Design di London dan Parsons School of Design di New York ini ingin menciptakan suasana teduh dan tenang (calm end serenity). Untuk itu, Shirley yang menjabat Head of Interior Designer and Buyer dari Elite Grahacipta ini memilih warna putih yang mendominasi dinding dan plafon ruangan.

Mock up apartemen yang merupakan bagian dari pameran tahunan Elite Grahacipta di awal September lalu terdiri dari foyer, ruangan duduk, ruangan makan, kamar tidur dan ruangan kerja. Yang unik adalah kanopi berbentuk pagoda dari bahan kain sedangkan bagian kepala dan kaki ranjang dibungkus kain yang sama. Sebagai aksen, Shirley memadukan bedcover warna merah dengan seprei, gorden dan bantal kursi bermotif garis warna merah pula sehingga ruangan tampil atraktif. Aksen warna merah juga diaplikasikan pada wallpaper yang melapisi bagian belakang rak buku pada dinding. Selain itu, terdapat meja di samping ranjang (twig lamp table) yang juga termasuk koleksi terbaru Oscar de la Renta. Ketiga kaki meja ini sengaja didesain asimetri dan berbentuk ranting pohon yang tampil natural dan diberi finishing warna emas. Top table terbuat dari kayu oak sehingga terasa kontras dengan elemen ruangan lainnya termasuk lampu dinding dari kristal.

Berbeda dari ruang-ruang lainnya, ruang makan tampil kontras dengan dominasi warna hitam yang mewah. Sebagai pusat perhatian (eye catcher) ruangan, satu set meja dan kursi makan berlapis kulit buaya ditata di tengah ruangan dan dihias dengan lampu chandelier Baccarat warna hitam pula. Salah satu dinding ruangan dipenuhi oleh ambalan yang dinding belakangnya dilapisi oleh wallpaper dengan tekstur dan warna dari penyumbat botol anggur / cork. Diantara pintu-pintu ruang makan, Shirley menempatkan sebaris rak tetapi dinding belakangnya dilapisi oleh wallpaper warna hitam sedangkan dinding lain yang memiliki jendela lebar dihias dengan gorden warna abu-abu. Secara keseluruhan, padu padan tekstur dan ornamen interior yang bercita rasa seni tinggi menjadi keunggulan desain interior apartemen ini sehingga layak menjadi inspirasi.

Lokasi : Showroom Elite Graha Cipta di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Desain Interior : Shirley Gouw

Furnitur : Oscar de la Renta Furniture koleksi Elite Grahacipta