Recent Posts

Selasa, 10 Januari 2012

Tips Berkemas Ringan untuk Liburan Bergaya


Tetap gaya saat liburan bukan berarti harus memboyong seluruh isi lemari Anda. Cukup pilih beberapa benda yang tepat dan Anda pun tak perlu membawa koper yang berat. Kuncinya mudah. Sebelum berkemas, tentukan tujuan perjalanan Anda: bisnis atau liburan?

Nyaman
Kenyamanan adalah kunci utama menikmati liburan. Jika Anda pergi liburan bersantai, bawa saja T-shirt tipis serta celana yang nyaman. Pilih tas besar yang memuat perlengkapan bersantai seperti camilan atau pemutar musik favorit.

Bila Anda pergi berbisnis ke tempat tropis, tinggalkan saja blazer yang berat. Dress berpotongan rapi yang terlihat profesional sudah cukup pantas dikenakan kala rapat dengan klien. Pilih satu tas resmi yang cukup besar untuk membawa dokumen dan segala keperluan. Bawalah yang berwarna netral agar bisa dikenakan dengan pakaian yang berbeda.

Padu-padan
Ini penting bagi penentuan berat koper Anda. Tak perlu bawa lima pasang baju untuk liburan lima hari. Pilih atasan dan bawahan dengan warna dasar dan netral agar mudah dipadu-padan — sehingga Anda pun tak perlu repot membawa banyak pakaian. Untuk menghilangkan kebosanan, bawa cardigan atau pashmina untuk menambah warna dalam penampilan Anda.

Aksesori
Aksesoris merupakan elemen penting untuk menghilangkan kebosanan saat padu-padan. Gaun merah yang sudah Anda gunakan di hari pertama pasti akan terlihat berbeda dengan tambahan chunky necklace atau scarf dengan warna terang. Tentunya aksesori memakan tempat yang lebih sedikit dalam koper Anda ketimbang membawa tambahan baju satu pasang.

Multifungsi
Usahakan banyak membawa pakaian yang mudah beralih fungsi. Celana jins hitam atau dress polos bisa dengan mudah berubah dari kasual menjadi formal dengan aksesori serta sepatu yang tepat. Terkadang Anda tak mengantisipasi adanya acara formal dalam liburan.

Dress biru tua yang menyenangkan untuk dikenakan di pantai siang hari, bisa berubah menjadi semi-formal dengan tambahan perhiasan dan sepatu hak tinggi yang cantik. Begitu juga dengan celana jins hitam yang nyaman untuk berjalan-jalan ketika dipadu dengan tank-top dan sandal. Namun kesan kasual bisa menghilang jika jins hitam ini dipadu dengan blus formal serta sepatu.

Sepatu
Memilih sepatu merupakan salah satu bagian tersulit. Bawa paling banyak tiga pasang sepatu dan sandal. Tiga jenis alas kaki yang dibutuhkan adalah: sandal ringan untuk santai, sepatu hak datar yang nyaman untuk berjalan-jalan, serta satu sepatu dengan hak cukup pantas bagi acara semi-formal maupun kasual.

Tak perlu memaksakan diri membawa sepatu olahraga jika belum pasti digunakan. Berenang merupakan pilihan olahraga yang tepat untuk liburan karena tak perlu banyak peralatan.

Alat perawatan dan kecantikan
Bawa peralatan kecantikan secukupnya. Umumnya hotel menyediakan alat mandi seperti shampo, sabun, sikat gigi, bahkan pengering rambut. Tak ada salahnya memeriksa apakah fasilitas tersebut tersedia di penginapan Anda.

Peralatan kecantikan yang paling penting untuk berlibur hanyalah tabir surya dan pelembab tubuh. Untuk make-up, cukup bawa bedak, maskara, dan lipstik. Jika Anda harus membawa peralatan mandi, bawalah ukuran kecil supaya koper Anda tidak semakin berat dan padat. Apalagi jika tas Anda dibawa ke dalam kabin pesawat. Ukuran maksimal yang diperbolehkan untuk satu botol cairan adalah 100 ml.