Kamis, 05 Januari 2012

Tetap Nyaman Selama Penerbangan

Berlibur merupakan hal yang tepat untuk mengurangi stres. Tetapi bila Anda berlibur ke tempat yang jauh, penerbangan panjang menuju ke sana justru bisa menambah kelelahan fisik. Jangan sampai acara jalan-jalan menjadi berantakan akibat kelelahan.


Ada beberapa kiat sederhana supaya penerbangan yang panjang menjadi lebih nyaman.


1. Pilih kursi yang paling nyaman


Manfaatkan asilitas check-in online di website milik maskapai. Melalui fasilitas ini kita bisa memilih tempat duduk yang paling nyaman jauh sebelum orang lain mengantre di bandara.


Pastikan Anda memilih kursi di tepi gang atau dekat jendela. Kedua tempat ini paling pas untuk duduk ketika melakukan perjalanan jauh naik pesawat. Kursi di pinggiran gang memungkinkan Anda untuk meregangkan tungkai kaki.


2.Batasi barang yang dibawa ke kabin


Membawa barang yang terlalu banyak ke dalam kabin bukan hanya merepotkan, tapi juga bisa membuat stres sepanjang perjalanan.


3. Sesekali gerakkan anggota tubuh


Duduk lama di kursi pesawat menyebabkan sirkulasi darah menjadi kurang lancar. Kondisi ini disebut economy class syndrome dan bisa mendatangkan masalah kesehatan yang serius.


Untuk mengatasinya, lakukan senam ringan atau gerakan yoga sederhana beberapa jam sekali. Selain itu Anda juga bisa pula berjalan-jalan sebentar di gang.


4.Berpakaian yang simpel dan nyaman


Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Selain kurang nyaman, pakaian ketat juga bisa mengganggu sirkulasi darah. Selain itu, pilih busana menyerap keringat terutama dari katun.


5.Hindari dehidrasi


Hindari konsumsi alkohol atau minuman berkafein karena bisa membuat tubuh makin dehidrasi. Minumlah air dalam jumlah yang cukup.


6.Ngemil obat anti mabuk

Untuk memenuhi kebutuhan protein, Anda bisa mengonsumsi camilan seperti kacang-kacangan atau protein bar yang saat ini sudah banyak dijual. Cemilan juga sangat ampuh sebagai obat penghilang mabuk udara.


7.Minimalkan efek jet lag

Jet lag adalah suatu kondisi yang dialami tubuh kita akibat ketidaksesuaian jam biologis dengan waktu setempat. Makin banyak melintasi zona waktu, makin besar efek jet lag. Efek buruk yang paling sering dirasakan adalah mengantuk, pusing, kehilangan selera makan dan susah tidur.


Untuk mengatasinya, cobalah tidur lebih larut kalau Anda akan terbang ke bagian barat, dan lebih awal kalau ke bagian timur. Lakukan beberapa hari sebelum berangkat.


8.Manfaatkan waktu transit

Manfaat waktu transit, saat transit di bandara tubuh kita bisa terbebas sesaat dari kabin pesawat yang sempit. Anda bisa memanfaatkan waktu transit ini dengan berjalan-jalan di area bandara supaya otot tidak kaku.


Selamat terbang!