Minggu, 15 Januari 2012

Sentuhan Manhattan dan Oriental

Penulis : Qisthi Jihan

Unsur fungsional dalam unit apartemen memang selalu diutamakan, mengingat daya tampung ruang yang terbatas. Karena itu, efektivitas desain apartemen dirancang sedemikian rupa agar dapat mengakomodasi kebutuhan pemilik hunian. Di apartemen ini, ruang penyimpanan merupakan prioritas mengingat banyaknya barang pemilik. Maka dalam konsepnya, sang desainer Benno Ramadian berupaya mewujudkannya, pertama dengan cara merenovasi satu kamar tidur menjadi ruang serba guna dan mengurangi luas dapur. Desainer juga memperlihatkan keindahan serat kayu yang berwarna ‘hangat’ seperti dark coffee dan krem.
Selanjutnya, pemilik juga menginginkan suasana apartemen yang nyaman dan homey dengan sentuhan gaya Manhattan dari Amerika Serikat, yaitu sebuah ekspresi yang menunjukkan perubahan terhadap nilai-nilai klasik yang mengarah pada bentuk-bentuk yang lebih kontemporer. Desain bergaya Manhattan di apartemen ini cenderung bertema unsur garis yang mencerminkan kesan sederhana, rapi, teratur dan kokoh. Contohnya, saat memasuki apartemen, terlihat komposisi garis yang harmonis pada wardrobe-nya. Dalam hal ini, desainer memasukkan unsur oriental untuk menghilangkan suasana simpel yang monoton pada gaya Manhattan. Misalnya, warna merah pada penggunaan karpet dan beberapa lampu mampu menghidupkan suasana ruangan.
Pencahayaan tidak langsung juga berperan sebagai pembentuk suasana ‘hangat’ contohnya pada aplikasi lampu gantung berarmatur bulat di ruang makan. Pada siang hari , cahaya matahari dimanfaatkan untuk menerangi isi apartemen melalui dinding kaca lebar.
Pemilik : PH
Lokasi : unit apartement setiabudi – Jakarta