Minggu, 20 November 2011

Tetap Cantik dan Segar Saat Hamil

images-41
Untuk menghargai diri sendiri dan anak dalam kandungan, perawatan tubuh dan kulit penting dan wajib dilakukan selama hamil. Tetaplah menjaga kebersihan tubuh. Mandi dua kali sehari adalah keharusan. Beri kesegaran pada kulit pagi dan sore, jika perlu beri perhatian istimewa. Caranya, pagi hari sebelum mandi oleskan campuran beberapa tetes minyak almond dan air mawar. Ini dipercaya menyejukkan kulit. Sedangkan malam harinya, campurkan krim susu, minyak almond, jus mentimun, madu, air mawar, dan jus jeruk limau. Simpan di kulkas atau tempat yang dingin dan kering. Oleskan setiap malam jelang tidur dan kemudian bilas pagi harinya dengan air dingin. Niscaya kulit Anda akan segar berseri.
Selain perawatan luar, yang terpenting adalah gaya hidup sehat. Dengan tidur cukup, udara segar, makanan sehat, serta perawatan kecantikan yang tepat, bakal membuat wanita hamil sehat dan cantik. Kondisi ini membuat mood stabil dan menyenangkan yang tentunya berpengaruh positif pada perkembangan buah hati. Berikut ini tips-tips yang harus diperhatikan agar tampil cantik dan segar selama hamil :

Sederhana dan Bikin Nyaman
Saat hamil, jangan bikin ribet diri dengan pakaian dan dandanan berlebihan seperti make up supertebal. Pilih baju dan pakaian dalam berbahan lembut seperti katun. Sebaliknya, hindari bahan sintetis karena pada saat hamil seluruh hormon bekerja lebih aktif, termasuk hormon progesterone yang membuat sebagaian besar pembuluh darah kecil di kulit lebih terbuka. Itulah sebabnya mengapa ibu hamil cenderung lebih berkeringat dibandingkan biasanya. Apalagi kalau usia kandungan makin besar, kadang membuat si ibu sesak napas. Kalau sudah begini, pilihlah potongan baju sederhana, yang tak terlalu banyak ornamen.

Pancarkan Aura Positif Kehamilan
Meski saat hamil tubuh Anda membengkak, wajah membulat, jangan sekalipun terbersit rasa bete atau malu menonjolkan perut besar dengan pakaian longgar atau gombrong. Tetaplah trendi. Pilihlah pakaian sederhana seperti kaus polos warna cerah dengan kerah rendah. Lalu padukan dengan syal atau aksesori seperti gelang. Bikin siapa pun yang melihat ikut senang.

Rambut Pendek Lebih Segar
Karena seluruh hormon berubah, kehamilan pun mempengaruhi rambut Anda. Penelitian menyebutkan, pertumbuhan rambut ibu hamil jauh meningkat. Jadi kalau diperhatikan rambut mereka lebih lebat daripada biasa, dan biasanya berminyak. Saking dahsyatnya pertumbuhan hormon, jangan kaget kalau selama hamil ada bulu tumbuh di bagian lain tubuh seperti punggung atau perut. Tak perlu khawatir, nanti setelah melahirkan semua kembali normal. Bahkan kerontokan yang terjadi setelah melahirkan lumayan hebat. Karena rambut lebih tebal selama hamil, banyak ibu yang kemudian memotong pendek. Apalagi keringat sering mengucur deras. Daripada kegerahan punya rambut panjang, lebih nyaman punya rambut pendek di atas bahu. Anda masih bisa berkreasi koq dengan rambut pendek, tinggal pasang saja jepit-jepit kecil nan lucu.

Rawat Kulit dengan Pelembab
Stretchmark salah satu masalah rutin saat hamil. Untuk menghilangkannya, di pasaran banyak krim anti stretchmark yang bisa Anda coba. Selain stretchmark kulit wanita hamil cenderung kering dan sering gatal, terutama di bagian perut. Sebisa mungkin hindari mandi dengan air panas. Hindari juga sabun yang membuat kulit kering, produk kecantikan yang mengandung alkhohol, atau air mengandung kaporit. Setelah mandi jangan lupa oleskan moisturizer atau minyak vitamin E untuk menjaga kelembaban sekaligus mengurangi kekeringan dan gatal-gatal.