Kamis, 12 Januari 2012

Inspirasi Fashion Musim Hujan



Musim hujan telah tiba. Sepanjang akhir tahun ini, dijamin mendung tebal akan senantiasa menggantung di angkasa, ditingkahi sambaran kilat dan gelegar petir, sebelum hujan deras turun. Tetapi cuaca yang muram tentu tak menghalangi kita untuk tetap tampil modis dan bergaya.

Berikut ini beberapa pilihan busana yang dapat menemani Anda menangkal hujan dan cuaca dingin menusuk tulang:

Syal
Jangan segan mengenakan syal. Dalam cuaca semacam ini, menjaga leher tetap hangat sangat penting. Kenakan syal cerah bermotif warna-warni untuk meningkatkan suasana hati. Padukan dengan atasan berwarna netral dan celana panjang gelap.

Fedora
Topi yang gaya melindungi kepala dari angin dingin, sekaligus menyempurnakan penampilan. Untuk tampil maskulin, padukan fedora dengan celana kain berpipa lurus dan atasan gelap, tambahkan bretel atau rompi pas badan. Jika ingin bergaya feminin, fedora akan mempercantik gaun terusan berwarna cerah yang dikenakan bersama jaket kulit dan sepatu boot.

‘Trench coat’
Mantel selutut alias trench coat bisa jadi alternatif jas hujan saat gerimis. Trench coat berpotongan A yang melebar di bawah pinggang dengan dua jalur kancing rapat membentuk tubuh dalam warna hitam, cokelat atau biru tua. Pilihlah yang berbahan campuran sintetis. Lebih tipis namun tetap hangat dan tahan air.

Cape
Cape atau mantel adalah luaran tak berlengan. Berbeda dengan poncho, panjang cape hanya mencapai pinggang. Mengenakan mantel yang sedang populer kembali ini harus hati-hati karena modelnya yang serba longgar. Saat mengenakannya, imbangi dengan celana celana skinny dan sepatu hak tinggi. Jangan memakai tas yang disampirkan di pundak (shoulder bag), pilihlah clutch atau tas tangan agar tak tampak berat di bagian atas tubuh.

Payung

Jangan bertahan hanya dengan payung hitam yang membosankan. Pilihlah yang berwarna-warni dengan motif cantik yang dapat menaikkan suasana hati saat cuaca hujan begitu muram. Payung dengan warna kesukaan (atau bahkan transparan) juga dapat disesuaikan dengan pakaian untuk memberi sentuhan manis pada penampilan.

Sepatu boots

Karena genangan air merebak seperti jamur saat musim hujan di Jakarta, tak ada salahnya memiliki koleksi sepatu boots yang kedap air dan bisa dipakai saat harus berjalan kaki atau menunggu kendaraan umum. Saya tak menyarankan memakai sepatu boots kulit. Pilihlah yang campuran karet dan plastik. Awalnya mungkin warna hitam mengilat sudah cukup, tapi jangan batasi diri. Sekarang kan ada boots plastik dalam berbagai warna, mulai dari fuschia, merah polka-dot, ungu, sampai kuning menyala.