Selasa, 10 Januari 2012

Sebaiknya Meja Kerja Tak Menghadap Sudut Ruangan


Meja kerja jangan diletakkan di depan KM/WC, apalagi menghadap KM/WC. Penganut Feng Shui percaya bahwa *ch'i* yang kurang baik dari KM/WC dapat berpengaruh buruk bagi kinerja pemakai meja kerja yang terletak di depannya. Tentu saja, secara visual, kondisi ini dapat berpengaruh bagi kinerja pekerja.

Ir. F. Christian J. Sinar Tanudjaja, MSA menyarankan meja kerja hendaknya tidak menghadap atau pun membelakangi tiang/kolom. Hendaknya tidak terdapat tiang/kolom pada sisi samping meja kerja.

Dalam bedah feng shui, Christian menerangkan tiang/kolom di belakang meja kerja, dianggap, sebagai beban yang dapat menimpa dari belakang pekerja; tiang/kolom di samping meja kerja dapat menimbulkan ketidakseimbangan dan tekanan; tiang/kolom di depan meja kerja,
dianggap, sebagai beban yang dapat menimpa dari depan pekerja, atau akan ada penghalang yang akan menghadang keberhasilan pekerja.

Semua kondisi ini dianggap sebagai penghalang kinerja dan prestasi kerja. Secara psikologis, tiang/kolom di belakang pekerja dapat memberi tekanan mental baginya, di depan meja kerja dapat menghalangi pandangan dan memberi kesan ruang yang sempit serta tekanan psikologis, tiang/kolom di samping meja kerja dapat mempersempit kesan ruang dan mengurangi keseimbangan komposisi ruang serta menghalangi pandangan pemakai meja kerja.

Hendaknya meja kerja tidak membelakangi atau pun menghadap sudut ruangan karena efek *ch'i* yang kurang baik. Secara psikologis, bekerja di meja kerja yang membelakangi sudut ruangan dapat menyebabkan kesan bahwa area kerjanya terasa lebih sempit dan menekan; menghadap sudut ruangan dapat menyebabkan kesan yang menekan.