Minggu, 15 Januari 2012

Interior NYAMAN, SEGAR dan SEJUK

Penulis : Imelda Anwar
Fotografer : Ahkamul Hakim

Rumah tinggal di kompleks Grand Wisata, Bekasi ini merupakan kediaman keluarga Ina dan Crown yang mendambakan hunian minimalis dengan suasana terbuka, “hangat” dan berkesan “ringan”. Desain interior rumah dipercayakan pada Adi Wibowo dari konsultan AWD. Pertama, fasad dan struktur utama rumah yang berdiri di atas lahan seluas 700 m2 di huk jalan ini tidak diubah, namun beberapa ruang dalam diubah agar alur kegiatan / flow-nya lebih ‘mengalir’ dan memaksimalkan baik sirkulasi udara maupun masuknya cahaya alami ke setiap sudut rumah.
Ruang makan yang dulunya berada di dalam rumah misalnya, kini dipindahkan ke teras belakang sehingga berkesan lebih lapang dan ‘menyatu’ dengan taman belakang. Penyekat antara ruang makan dan pantry di dalam rumah hanya didesain berupa pintu kaca dan rak terbuka yang dibingkai oleh panel kayu. Dinding luar area bersantap ini dilapisi oleh keramik bermotif kasar agar mempertegas kesan semi outdoor. Selanjutnya, gudang dipindahkan ke dekat kolam renang agar ruang keluarga memiliki pandangan maksimal ke arah teras dan halaman belakang. Area bawah tangga diolah menjadi tempat TV plasma dan dihias dengan panel dinding dekoratif berlapis cermin berwarna tembaga. Dominasi pemakaian kayu yang dipadukan dengan cat warna putih pada dinding dan plafon menciptakan kesan “hangat” di dalam rumah.
Beranjak ke lantai atas, ruang tengah ditata menjadi tempat menonton TV dan perpustakaan. Kamar tidur utama didominasi oleh panel dekoratif dan wallpaper warna cokelat tua serta dilengkapi oleh kabinet pakaian (walk in wardrobe). Yang paling unik dalam desain kediaman ini adalah pengolahan gazebo yang disekat oleh deretan tiang bambu, jalan setapak dan kolam renang pada halaman belakang. Ruangan terbuka di tengah gazebo ini bersifat multifungsi seperti untuk arisan, tempat salat sedangkan bagian pinggirnya disekat oleh deretan batang bambu.

Lokasi : Kediaman keluarga Ina dan Crown di Grand Wisata, Bekasi
Interior : Adi Wibowo Design dari AWD