Minggu, 15 Januari 2012

Interior Kantor Ultramodern

Penulis: Imelda Anwar
Fotografer: Ahkamul Hakim

Good design is good business. Ungkapan ini cocok untuk menggambarkan prinsip arsitek Masyuri Kurniawan dalam mendesain kantornya, konsultan arsitektur Moelia Graha Estetika, yang berlokasi di Depok, Jawa Barat. Bangunan dua lantai ini berada diantara pemukiman penduduk, maka dari itu ia menciptakan kesan formal dan bonafide untuk membedakan kantor dengan hunian disekitarnya.
Dalam konsepnya, Masyuri ingin mewujudkan tempat (space) untuk bekerja yang transparan dan “mengalir” (fluid) agar karyawannya lebih kreatif dan nyaman saat berada di dalamnya. Menghindari bentuk geometris, bentuk organik justru dipilih demi mengekspresikan kedinamisan dan perubahan tiada henti. Bentuk ini dimulai pada fasad bangunan yang ditutup oleh dua buah bidang dinding. Bidang tersebut tidak datar, melainkan patah-patah dengan konstruksi yang dibuat seolah berpegangan pada dinding struktural. “Celah” diantara kedua bidang ini dijadikan area pintu masuk (enterance) kantor. Aksen lubang dan bulat yang menghiasi permukaan bidang tembok membuat fasad tampil “ringan” dan atraktif.
Senada dengan desain fasad, “kejutan” lain tampak pada interior bangunan. Void setinggi dua lantai, kolam reflektif dan deretan plafon gantung (drop ceiling down) yang berada di area enterance membuat orang merasakan transisi dari ruang luar menuju ruang dalam. Secara keseluruhan, interior ruangan terasa lapang berkat dominasi warna putih pada seluruh finishing cat plafon dan dinding, keramik pelapis lantai hingga furnitur. Pilihan warna cerah seperti oranye dan hijau menjadi aksen untuk menghindari kesan monoton.
Agar serasi dengan konsep bangunan, sebagian besar kursi dan coffee table didesain menggunakan bahan resin dan berlubang-lubang dengan motif bulat. Beberapa kursi lain dibuat dari kerangka besi dan dibungkus anyaman kulit warna hitam. Namun, adapula yang memakai anyaman rotan sintetik warna putih. Khusus di area staf, arsitek merancang furniturnya dengan meja berkaki besi dan kabinet dari bahan MDF ber-finishing duco. Secara keseluruhan, desain kantor ini memberikan inspirasi akan arsitektur dan interior kontemporer yang inovatif.

Lokasi : Kantor Konsultan Arsitektur Moelia Graha Estetika di Depok, Jawa Barat
Arsitektur dan interior: Masyuri Kurniawan
Kontraktor : Moeliagraha