Kamis, 12 Januari 2012

Inilah Senjata Agar Kulit Tetap Sehat di Segala Cuaca

Cuaca yang semakin tak menentu membuat kesehatan kulit Anda pasti terganggu. Untuk itu selalu sedia senjata berikut agar kulit tetap sehat menghadapi cuaca hujan, lembab atau panas sekalipun.

1. Air

Air sangat baik dalam memperbaiki sirkulasi kulit. Untuk itu cukupkan delapan gelas air sehari untuk menjaga kulit tetap kenyal.

2. Makanan tinggi asam lemak Omega-3

Asam lemak ini membantu melembutkan kulit kering dengan menjaga kelembaban kulit. Sebab dalam beberapa kasus berbagai penyakit kulit seperti eksim diakibatkan kurangnya asam lemak ini. Untuk itu selalu santap salmon, tuna, atau ikan trout, kacang-kacang atau biji-bijian seperti rami, dan kenari juga membantu.

3. Makanan mengandung Zinc

Zinc membantu menyembuhkan luka dengan memperbaiki kulit yang rusak sekaligus melindunginya dari gangguan di kemudian hari. Makanan seperti tiram, kacang-kacangan, kalkun, kepiting, dan daging sapi tanpa lemak adalah solusinya.

4. Makanan kaya Vitamin A

Vitamin A dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit, terutama bila Anda sering beraktifitas di bawah sinar matahari. Konsumsi sayuran hijau, wortel, kentang manis, dan labu bisa Anda lakukan sebagai jalan keluarnya.

5. Makanan tinggi Vitamin E

Vitamin ini membantu kulit mempertahankan kelembabannya. Vitamin E juga membantu kulit terlindungi dari sinar UV. Selalu gunakan pelembab dengan kandungan tinggi vitamin E dan konsumsi kacang-kacangan untuk asupan nutrisi dari dalam.