Jumat, 13 Januari 2012

Hidup Sehat yang Dilakukan Rasullulah

Rasulullah telah memberikan teladan, utamanya dalam gaya hidup sehat kepada setiap Muslim. Namun, sebagian umat Islam belum meniru apa yang telah dicontohkan Nabi Muhammad SaW.

Pendiri Halimun Medical Center, Brilliantomo M Soenarwo menuturkan kondisi itu lantaran umat Islam terjebak dalam tren yang berkembang di masyarakat. Misalnya, tren makanan, olahraga dan lainnya. Padahal umat Islam memiliki sosok Nabi Muhammad SAW yang bisa dijadikan tren bagaimana seorang Muslim menerapkan gaya hidup sehat.

"Allah SWT telah menghadirkan sosok Nabi Muhammad SAW pada umat Islam. Nabi pun mengajarkan kepada kita bagaimana bergaya hidup sehat dan bersosialisasi. Ini anugerah yang tak ternilai bagi umat Islam," papar Brilliantono saat berbincang dengan Republika.co.id, selepas acara bincang Sehat Ala Rasullah, di Masjid At-Tin, Jakarta.

Satu contoh, kata dia, Nabi mengajarkan kepada umat Islam bagaimana tidur. Beliau mencontohkan tidur itu disunnahkan menghadap kiblat. Kebiasaan itu memiliki makna bahwa Nabi mengajarkan kepada umat Islam untuk bersiap diri menghadapi kematian.

"Secara medis kebiasaan Rasullah tidur juga diakui memiliki efek menyehatkan tubuh, mengembalikan tubuh kembali segar dan menjaga organ-organ tubuh beristirahat dengan posisi yang tepat," ungkapnya.

Ia mengatakan masih banyak contoh-contoh lainnya yang seharusnya tidak sulit untuk diterapkan. Sebabnya, umat Islam sewajarnya pula mengikuti apa yang dicontohkan Nabi. Sebuah contoh yang dapat mengantarkan seorang Muslim hidup sehat ala Rasullah SAW.