Selasa, 07 Februari 2012

Manfaat Berbagai Macam Teh


Budaya minum teh mungkin bukan merupakan budaya asli Indonesia. Seringkali beberapa orang keliru menyatakan darimana asal budaya minum teh ini berasal, teh sendiri pertama kali dikenal sebagai minuman di Cina pada tahun 2737 SM. Seorang raja cina, Raja Shen Nung bahkan menulis buku tentang teh yang pada masa itu berkhasiat sebagai obat. Memang pada jaman dahulu orang Cina beranggapan bahwa teh yang mereka minum dapat memulihkan kesegaran dan kesehatan badan, dan hal ini terbukti dengan banyaknya manfaat teh yang telah banyak ditemukan oleh para ahli. Di kalangan pendeta Cina sendiri, teh juga dikenal sebagai minuman yang dapat menimbulkan rasa tenang namun tidak membuat mengantuk.
Perjalanan teh tidak berhenti di Cina saja, ketika jalur perdagangan dibuka di Cina banyak para pedagang dari luar maupun dari Cina sendiri yang membawa dan mengenalkan teh ke masyarakat dunia. Hingga akhirnya sampai di Inggris dan beberapa Negara Eropa lainnya. Ratu Elizabeth yang dikenal dengan budaya minum teh di sore membuat teh begitu dikenal di Inggris. Masyarakat Inggris pun mulai meniru kebiasaan dari ratu mereka untuk mengkonsumsi teh di sore hari, dan begitulah terjadinya ‘tea time’ yang sangat terkenal sampai sekarang.
manfaat-teh-untuk-kesehatan
Namun apakah anda tahu bahwa banyak terdapat berbagai macam teh dengan bermacam-macam khasiat. Di bawah ini akan dibahas bermacam-macam teh beserta khasiatnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat Teh Hijau

Teh yang cukup populer ini memiliki banyak sekali manfaat. Kandungan teh hijau seperti, asam amino, alkaloid murni, zat aromatic dan vitamin membuat manfaat teh hijau ini sangat besar bagi manusia. Yang pertama adalah teh ini dapat membantu menjaga kekebalan tubuh sehingga terhindar dari penyakit, ketika kita meminumnya secara teratur maka mineral yang terkandung di dalam teh akan membentuk kekebalan alami dalam tubuh sehingga tubuh tidak gampang terserang penyakit. Bahkan penelitian terbaru menunjukkan bahwa teh hijau ini dapat mendeteksi perkembangan sel tumor dan mencegahnya agar tidak tumbuh.
Selain itu manfaat teh hijau lainnya adalah untuk menjaga kesehatan kulit, sekarang telah banyak dijumpai masker yang mengandung teh hijau karena teh ini mempunyai kandungan mineral yang membuat kulit tetap segar dan tidak kering. Selain itu, teh hijau juga dapat digunakan sebagai pembakar kalori. Dengan mengkonsumsi teh hijau secara teratur dapat membantu menurunkan berat badan karena teh ini bermanfaat sebagai pembakar kalori

Manfaat Teh Hitam

Teh hitam tampaknya kurang dikenal dibanding teh hijau maupun jenis teh lainnya. Perbedaan teh hitam dengan teh lain adalah pada prosesnya setelah memetik, teh hitam dioksidasi supaya zat-zat yang dibutuhkan keluar dengan sempurna. Manfaat teh hitam antara lain adalah mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh, karena teh ini mengandung antioksidan. Antioksidan ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya serangan jantung maupun stroke karena dapat memperlancar aliran pembuluh darah ke jantung.
Khasiat teh hitam yang lain adalah dikenal sebagai teh yang dapat memperlambat sel kanker tanpa harus memakan sel sehat pada penderita. Itulah sebabnya teh hitam kebanyakan dikonsumsi sebagai obat dibandingkan sebagai konsumsi minuman teh biasa.

Manfaat Teh Rosella

Jenis teh terakhir yang sangat populer adalah teh rosella. Aroma teh ini lebih harum dibanding teh hijau maupun teh hitam. Manfaat teh rosella antara lain untuk menurunkan kolesterol, hipertensi, asam urat dan osteoporosis. Keunikan dari teh rosella ini adalah dapat memperlancar buang air besar. Sekedar tahu saja, bahwa teh rosella ini berasal dari tanaman yang lain dari teh hijau, tanaman ini berasal dari India dan Afrika, namun untuk pembudidayaan tanaman rosella sendiri sudah ada di Indonesia sejak lama.