Selasa, 07 Februari 2012

Manfaat Propolis yang Lebih Unggul Dibanding Produk Kesehatan Alami Lainnya


Propolis adalah produk yang dihasilkan oleh lebah pekerja yang berasal dari resin (getah) bagian tumbuhan. Manfaat propolis sangat banyak karena propolis mengandung banyak zat esensial yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Propolis melindungi lebah dari berbagai serangan virus dan bakteri.

Komposisi Propolis

Manfaat propolis diperoleh dari resin (getah) sebagai bahan dasar yang diambil oleh para lebah dikumpulkan di dalam sarang, lalu dicampur serbuk bunga dan wax serta lendir/air liur lebah (50-55% Resin, 10% Etheric Oil, 5-10% serbuk sari, dan 30% wax). Campuran ini bersifat lentur dan disebut dengan propolis.
manfaat propolis - lebah sedang mengumpulkan bahan dasar propolis

Manfaat Propolis Bagi Lebah dan Manusia

Setiap tahun, sekitar 200.000 lebah madu dapat menghasilkan sekitar 20 gram propolis. Manfaat propolis bagi lebah adalah untuk membuat sarang mereka steril dan bebas dari serangan jamur, bakteri, serta berbagai macam penyakit.
Setelah diketahui manfaat propolis yang dapat menjadi zat sterilisasi bagi lebah, manusia mulai menggunakan manfaat propolis ini untuk kesehatan. Propolis dapat menjadi produk kesehatan alami serta campuran obat dalam dunia kedokteran.

Keunggulan dari propolis dibanding produk kesehatan Alami lainnya

Propolis terbukti memiliki keunggulan dari produk kesehatan alami yang lain karena propolis sangat cepat bereaksi ketika ada serangan virus atau kuman. Sedangkan menurut penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan biologi menyebutkan beberapa manfaat propolis sebagai berikut:
  1. Propolis sebagai anti bakteri dan anti virus.
  2. Propolis dapat mencegah penuaan dini.
  3. Propolis dapat melawan Giardia sp. dan Trichomonas sp. dengan berperan menjadi anti parasit- aktif.
  4. Propolis dapat menyembuhkan peradangan.
  5. Propolis dapat meningkatkan imunitas tubuh dengan menstimulasi produksi anti bodi.
  6. Propolis sebagai anti tumor dan dapat memberikan perlindungan dari paparan radiasi.
Manfaat propolis yang demikian beragam tersebut disebabkan karena kandungan propolis yang beragam pula. Berdasarkan penelitian ilmiah yang masih dilakukan hingga saat ini diketahui bahwa Propolis memiliki kandungan vitamin B-Complex, Vitamin C, Vitamin E, dan Vitamin H. Serta berbagai unsur Mineral/Kalsium, Zat besi, Copper, Chrome, Zink, Silizium, Mangan, hingga Vanadium. Propolis juga mengandung Enzim Bioflavonoid dan Azam Amino essensial dalam jumlah banyak yang menjadi antibiotic alami yang sangat kuat untuk memperkuat system imun tubuh.