Selasa, 26 Maret 2013

Mengonsumsi Antibiotik, Perlu Enggak Ya?




Tak jarang, bila ke dokter, kita mendapatkan obat berupa antibiotik. Seorang ibu sempat mengeluhkan bahwa dokternya kerap memberikan antibiotik untuk anak yang berpenyakit ringan seperti batuk. Lantas, bagaimana sebenarnya kita harus mencermati antibiotik?Menurut dr Zubairi Djoerban, spesialis penyakit dalam dan guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, antibiotik adalah zat antimikroba (zat antikuman) yang berasal dari  mikroba lain, umumnya jamur, atau dapat juga dibuat secara sintetik.  Contohnya, lanjut Zubairi, antibiotik penisilin yang ditemukan oleh Alexander Flemming  merupakan suatu zat yang dihasilkan oleh jamur. Satu jenis antibiotik  biasanya hanya ampuh untuk satu kelompok kuman tertentu, tetapi tidak  untuk kuman yang lain, tetapi ada pula antibiotik yang dapat membunuh  berbagai kelompok kuman.
Kendati begitu, Zubairi tetap menekankan agar hati-hati saat mengonsumsi antibiotik. Pasalnya, bila sembarangan dapat  menimbulkan masalah yang serius misalnya alergi, dan yang paling ditakuti  adalah bila terjadi resistensi, artinya antibiotik yang dipakai menjadi  tidak ampuh lagi. Kuman menjadi kebal terhadap antibiotik tersebut. Demam memang merupakan tanda adanya infeksi. Demam terjadi karena sel-sel  tubuh bereaksi untuk melawan infeksi tersebut.
Demam juga dapat terjadi  karena keadaan lain, misalnya dehidrasi. Biasanya yang disebut dengan  demam adalah jika suhu tubuh lebih dari 38 derajat Celsius. Menurut Zubairi, sebagian besar demam pada anak disebabkan oleh virus. Virus tidak dapat dibunuh  dengan antibiotik tetapi dengan obat antivirus. Umumnya penyakit yang  disebabkan virus merupakan penyakit yang dapat sembuh sendiri dengan  bantuan sistem pertahanan tubuh. Oleh karena itu pengobatannya adalah  dengan menjaga kondisi tubuh. Jadi, memang tidak semua demam memerlukan antibiotik.
Zubairi juga menekankan, batuk pilek (flu)  biasanya tidak perlu diberi antibiotik. Antibiotik menjadi perlu apabila terjadi infeksi sekunder oleh bakteri, biasanya ditandai dengan penyakit  yang tidak membaik atau malah memburuk setelah beberapa hari. Perubahan warna dan kekentalan ingus atau dahak merupakan hal yang normal pada sakit  pilek dan tidak perlu diberikan antibiotik. Diare juga tidak selalu harus diberi antibiotik karena diare dapat disebabkan oleh virus atau akibat intoleransi terhadap makanan yang  dimakan. Infeksi telinga juga tidak selalu membutuhkan antibiotik.
Sebagian anak mengalami infeksi telinga akibat penumpukan cairan pada penyakit flu. Bila sakit flunya membaik maka sakit telinganya akan  membaik pula. Jika sakit telinga menetap maka mungkin perlu diberikan antibiotik. Anak-anak sering juga mengalami demam tinggi tanpa diketahui penyebabnya.  Jika terjadi hal demikian yang perlu dilakukan adalah menjaga agar  panasnya tidak semakin tinggi dengan memberi obat penurun panas seperti  parasetamol yang banyak dijual di pasaran.
Selain itu, dapat pula  dilakukan pengompresan dengan air hangat. Jangan mengompres dengan air dingin atau es karena hal ini dapat menyebabkan anak menggigil dan suhu tubuhnya malah semakin meningkat. Jadi, antibiotik hanya diberikan atas indikasi yang tepat dan penggunaannya harus dengan aturan tertentu. Jika demam yang dialami anak  tidak terlalu tinggi dan tidak disertai gejala-gejala yang mengkhawatirkan  maka tidak perlu langsung dibawa ke dokter. Jika sakit anak menetap atau  bertambah parah maka anak perlu dibawa ke dokter, bahkan mungkin perlu  diberi antibiotik atau obat yang lain.