Kamis, 14 Maret 2013

5 Salah Kaprah Soal Diet


Jangan sembarang mengikuti anggapan-anggapan soal diet yang beredar di sekitar Anda.


(dok. Corbis)

Menurunkan berat badan memang butuh perjuangan. Meskipun begitu, bukan berarti Anda bisa sembarang mengikuti anggapan-anggapan soal diet yang beredar di sekitar Anda.
Langkah terbaik yang perlu dilakukan sebelum menjalani program diet adalah berkonsultasi dengan ahli gizi agar Anda bisa mempraktekkan metode penurunan berat badan yang sehat.
Tapi sebelumnya, agar tidak salah kaprah, Anda perlu mengetahui fakta dari mitos-mitos tersebut, seperti dikutip dari methodsofhealing.

1. Mitos: Konsumsi suplemen diet bisa bikin berat badan turun lebih cepat
Fakta: Tidak benar. Mengonsumsi suplemen memang tidak dilarang. Tapi, pada kenyataannya, diet dengan cara semacam ini tidak sehat. Lagipula, Anda juga tidak boleh mengonsumsi suplemen tanpa anjuran dokter.

2. Mitos: Perlu punya peralatan olahraga atau bergabung ke gym agar cepat langsing.
Fakta: Anda memang butuh olahraga. Tapi, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya terlampau mahal untuk itu. Sebab, jalan cepat rutin setiap hari pun bisa membantu menurunkan berat badan.

3. Mitos: Kopi menekan nafsu makan.
Fakta: Ini benar, tapi sekali lagi, tidak ada yang bisa menggantikan makanan padat dalam tubuh Anda. Jangan menggunakan kopi sebagai pengganti untuk makanan sehat saat Anda lapar.

4. Mitos: Hanya minum banyak air.
Fakta: Banyak menyimpan air dalam tubuh, memang akan membantu Anda menahan dahaga. Tapi, ini bukan alasan anda untuk tidak mengonsumsi makanan padat. Dan perlu diingat, Anda hanya perlu minum air sebanyak yang tubuh Anda butuhkan (sekitar 8 liter sehari), tidak lebih dan tidak kurang.

5. Mitos: Kelaparan merupakan kunci keberhasilan.
Fakta: Ini juga tidak benar dan justru berlawanan dengan keinginan untuk hidup sehat. Jika lapar, sebaiknya jangan didiamkan. membiarkan diri Anda lapar ketika mencoba untuk menurunkan berat badan, sebenarnya justru merugikan diet Anda. Tak masalah makan tiga kali sehari, tapi cobalah konsumsi makanan dalam porsi kecil.