Jumat, 15 Maret 2013

Hati-hati Gunakan Tabir Surya


Jakarta - Terlalu banyak menggunakan pelembap yang mengandung tabir surya atau sun protector factor (SPF) tinggi malah menjadikan kulit iritasi. Pemakaian SPF tinggi hanya tepat dipakai di negara-negara dengan empat musim.

"Di negara tropis hanya dibutuhkan pemakaian SPF 4 (paling ringan)," ujar dokter spesialis kulit, Amaranila Lalita, SpKK, Selasa 31 Januari 2012.

Menurut dokter yang akrab dipanggil Nila ini pemakaian SPF 4 di negara tropis hanya berfungsi untuk memantulkan sinar matahari, terutama sinar matahari yang mengandung ultraviolet (UV) jenis A (dari pagi sampai siang).

Sedangkan pemakaian SPF yang tinggi digunakan untuk memantulkan sinar UVB yang ada pada negara-negara dengan empat musim. Yang di dalamnya sinar UVB disertai dengan tingkat kekeringan yang tinggi. Misalnya di cuaca dingin. "Jadi jangan menyamakan kebutuhan kulit setiap orang di antar-negara," kata Nila.

Nila pun menambahkan, apabila penduduk yang di negara tropis menggunakan pelembap dengan SPF cukup tinggi, yang terjadi adalah kulit bisa bertambah gelap atau menghitam.

Apalagi di negara tropis memiliki suhu lebih panas, yang menyebabkan keringat yang keluar lebih banyak, otomatis kulit menjadi lebih lembab. Sehingga pemakaian SPF dengan derajat terlalu tinggi tidak diperlukan.