Jumat, 15 Maret 2013

Trik Agar Diet Berjalan Sukses

img
Jakarta, Beragam cara dilakukan orang untuk menurunkan berat badan. Tapi banyak orang yang menginginkan badan kurus dengan melakukan diet yang salah dan justru bisa mengganggu kesehatan. Belum lagi dietnya sulit dan mahal. Ketahui trik agar diet berjalan dengan sukses.

Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin menurunkan berat badannya, mulai dari alasan kesehatan, agar bentuk badannya proprosional, untuk menarik perhatian lawan jenis atau hanya sekedar ingin mengikuti tren yang ada saja.

Hal yang utama harus dilakukan ketika Anda ingin mengurangi berat badan adalah mengetahui gaya makan yang benar apakah terlalu banyak dan terlalu sering tanpa diimbangi gerak badan atau aktivitas yang bisa membakar kalori.

Terkadang kebiasaan makan dalam porsi besar, habis makan langsung diam saja, sering mengemil makanan kalori tinggi seperti makanan manis, lemak, goreng-gorengan yang sulit dikontrol juga memicu penimbunan lemak di tubuh. Para pakar kesehatan tidak melarang makan enak asalkan setelah makan diimbangi dengan aktivitas fisik.

Seperti dikutip dari Thedietchannel,ada poin-poin penting yang harus diperhatikan saat ingin diet:

1. Temukan penyebab mengapa makan terlalu banyak.
Rata-rata orang makan dengan porsi banyak akibat dipicu oleh stres, bosan, kesepian, marah, depresi dan emosi lain. Karena itu belajar untuk menghadapi emosi yang baik tanpa beralih pada makanan. Orang yang rajin berolahraga tapi tidak bisa mengontrol emosi dengan baik, tidak akan memberikan efek diet yang jangka panjang. Dengan mengontrol emosi yang baik, maka seseorang juga bisa mengontrol pola makan sekaligus menurunkan berat badannya.

2. Olahraga yang konsisten penting untuk menurunkan berat badan.
Trik ini memang bukan hal yang baru, tapi olahraga yang rutin sangat memberikan pengaruh terhadap keberhasilan seseorang dalam menurunkan berat badannya. Temukan sesuatu yang Anda sukai sehingga Anda akan lebih mudah untuk menjalaninya. Olahraga yang dilakukan pun tidak harus mahal, bisa dengan berjalan kaki bersama teman.

Olahrga yang paling bagus untuk menurunkan berat badan seperti jogging, lari, bersepda. Waktu olahraga yang paling baik adalah saat pagi hari karena bisa membangkitkan semangat dan membakar kalori lebih banyak, dilakukan selama 10-30 menit yang bisa dilakukan 3-5 kali dalam satu minggu.

3. Membuat catatan harian makanan.
Membuat catatan mengenai apa saja yang sudah dikonsumsi dalam satu hari turut menyumbangkan keberhasilan. Catatan ini berisi apa saja yang dimakan dan berapa porsinya, bagaimana tingkat rasa lapar yang dialami sebelum makan serta emosi apa yang ada saat itu. Ini bisa menimbulkan kesadaran diri, sehingga seseorang tetap fokus menjalani komitmen yang ada.

Catatan harian ini juga bisa menjadi panduan sudah berapa kalori yang masuk ke tubuh, sehingga bisa diprediksi makanan apa yang harus dihindari atau dikurangi misalnya lemak, makanan yang manis (kandungan gulanya tinggi) atau karbohidratnya.

4. Deteksi rasa lapar dengan air hangat.
Rasa lapar yang timbul terkadang bukan disebabkan oleh tubuh yang memerlukan nutrisi. Jika timbul rasa lapar, cobalah untuk mengonsumsi air putih hangat. Kalau setelah minum rasa laparnya hilang, maka Anda tidak perlu makan. Tapi jika tetap merasa lapar, itu berarti tubuh memang memerlukan tambahan nutrisi dari makanan. Dengan cara ini seseorang bisa mengurangi tingkat menyemil yang dapat meningkatkan berat badan.

5. Mengatur pola makan dengan benar.
Pola makan saat diet memang harus dijaga, tapi orang suka salah kaprah dalam mengartikan pola makan untuk diet. Seseorang tetap membutuhkan nutrisi yang seimbang, serat dan protein tetap harus dikonsumsi, kurangi makanan yang digoreng dan berlemak terutama daging merah tapi tetap boleh mengonsumsi telur. Sarapan sangat penting untuk menunjang aktivitas serta mencegah orang konsumsi camilan dan usahakan tidak makan berat 1-2 jam sebelum tidur.

Kalori yang masuk ke dalam tubuh harus dijaga untuk bisa memberikan hasil yang baik. Bagi orang yang berdiet sebaiknya pola makan mengandung 1.000 kalori, 60 gram protein, 145 gram karbohidrat dan 21 gram lemak. Asupan ini termasuk dalam sarapan, makan siang, makan malam dan camilan.