Rabu, 27 Maret 2013

Seberapa Jauh Orang Kuat Berjalan?

img
(Foto: directnews)

Jakarta, Kebiasaan berjalan kaki sudah banyak ditinggalkan orang karena kemudahan transportasi yang tersedia. Jika jarak kantor Anda ke rumah hanya 1 kilometer tak ada salahnya berjalan kaki karena jalan sepanjang itu tidak akan membuat Anda pingsan.

Asal tahu saja, rata-rata kaki manusia kuat berjalan hingga 4 kilometer per hari atau sepanjang hidupnya manusia mampu berjalan hingga 24.000 km yang juga sama dengan mengelilingi dunia. Sedangkan jarak maksimal yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki adalah sejauh 12 mil (19,2 kilometer) setiap harinya.

Ini apabila orang tersebut dalam keadaan sehat dan tidak memiliki keluhan penyakit apapun. Orang akan mampu berjalan sejauh itu jika setiap hari dirinya membiasakan diri untuk berjalan, misalkan menambah jarak 1 sampai 2 mil (1,6-3,2 km) setiap minggunya.

Kaki seseorang sebenarnya terdiri dari 52 tulang, 214 ligamen (ikatan sendi), 38 otot dan 66 sendi yang semuanya bisa berkoordinasi baik dan cukup kuat untuk diajak berjalan 8.000 hingga 10.000 langkah per hari. Selain itu, 52 persen tulang yang terdapat di tubuh berada di kaki.

Jika kaki tidak bisa berfungsi optimal 100 persen, maka hal ini bisa menghambat kegiatan berjalan dan mengganggu rantai kinetik yang meliputi bagian tubuh lain seperti pergelangan kaki, lutut, pingggul serta tulang belakang.

Karena kaki selalu digunakan untuk berjalan sepanjang hari, maka ada kompensasi tersendiri yang diakibatkan oleh aktivitas otot tersebut. Ini karena kaki juga didukung oleh lebih dari 250.000 kelenjar keringat, sehingga dapat menghasilkan rata-rata lebih dari 300 ml uap air selama sehari.

Seperti dikutip dari Health24, semua uap air ini biasanya akan masuk ke sepatu yang digunakan sehingga bisa menjadi surga bagi pertumbuhan jamur di kaki. Karenanya banyak orang yang mengalami infeksi jamur di kaki akibat kurangnya sirkulasi udara di dalam sepatu.

Penyakit kaki lain yang mungkin timbul jika kaki tidak dirawat dengan benar adalah bisul, kutil, kapalan dan pembengkakan ibu jari. Masalah kaki ini biasanya disebabkan oleh penggunaan sepatu yang tidak sesuai. Usahakan menggunakan sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki serta acara yang akan dikunjungi.

Jika ingin membeli sepatu, sebaiknya dilakukan pada siang hari, karena kaki berada pada posisi yang paling besar atau mengalami pembengkakan. Selain itu gunakan kaus kaki saat pertama kali menggunakan sepatu baru, sehingga bisa terlindungi dari lecet (kulit terkelupas). Sepatu yang bagus adalah sepatu yang nyaman saat digunakan pertama kali.

Jika Anda memperhatikan kesehatan kaki, tentu sang kaki pun akan mudah diajak berjalan jauh. Jadi jagalah kesehatan kaki Anda karena hampir sebagian besar tulang tubuh berada di kaki.