Kamis, 14 Maret 2013

Turunkan Berat Badan dengan Kayu Manis


Konsumi kayu manis meningkatkan metabolisme dalam sel lemak 20 kali lebih cepat.


(doc Corbis)

Kayu manis memiliki aroma dan rasa yang sangat khas. Bukan hanya membuat minuman dan masakan memiliki rasa yang lebih enak tetapi juga bisa membuat metabolisme tubuh menjadi lebih lancar.

Berdasar penelitian Departemen Pertanian Amerika Serikat, 2004, kayu manis bisa meningkatkan proses metabolisme tubuh. Konsumi kayu manis meningkatkan metabolisme dalam sel lemak 20 kali lebih cepat.

Metabolisme adalah proses tubuh mengubah makanan menjadi energi. Metabolisme yang lebih cepat akan membantu Anda membakar kalori lebih banyak. Ini tentu mendukung program penurunan berat badan.
Kayu manis juga bisa mencegah seseorang mengkonsumsi makanan berkalori tinggi terlalu banyak. "Kayu manis mengurangi hasrat untuk makan lebih banyak dan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama," kata Ann Kulze, MD, anggota Wellness Councils of America, seperti dikutip She Knows.

Konsumsi kayu manis membuat proses pencernaan menjadi lebih lambat sehingga rasa kenyang tahan lama. Kulze merekomendasikan untuk menggunakkan 1/2 hingga satu sendok teh bubuk kayu manis untuk meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan.

Campuran bubuk kayu manis tersebut bisa ditambahkan pada minuman seperti teh atau coklat dan makanan seperti roti atau masakan lainnya. Tetapi, jangan mengkonsumsinya secara berlebihan. Gunakan saja secukupnya sebagai tambahan dalam makanan atau minuman favorit Anda.