Selasa, 12 Maret 2013

5 Buah yang Paling Dicintai Jantung




Ketahui alasan mengapa alat pemompa darah kita tak ingin jauh dari kelima buah kaya manfaat ini.

 
Buah terkenal kaya akan manfaat. Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya membuat tubuh terus menginginkannya. Namun, kelima buah di bawah ini merupakan makanan favorit jantung. Khasiat yang dimilikinya bisa membuat kita terhindar dari risiko terkena penyakit jantung.
Yuk, kenali kelima buah ini lebih dalam dan konsumsi mereka lebih banyak untuk mendapatkan jantung yang lebih sehat.
Ceri
Siapa tak kenal buah merah bulat ini. Kandungan anthocyanins yang dimilikinya membuat jantung selalu mendambakannya. Betapa tidak, antioksidan ini memiliki fungsi melindungi pembuluh darah dari penyumbatan. Selain itu, antioksidan ini juga bisa meredam kondisi peradangan yang sudah parah, seperti penyakit jantung dan kanker.
Selain dimakan secara mentah, kita juga bisa mengonsumsi buah ini dengan cara dijus atau menjadikannya camilan Chocolate Cherry Biscotti.
Jeruk

Buah oranye ini memiliki zat kimia yang bisa menyelamatkan jantung. Pectin, serat dalam jeruk yang larut dalam air berfungsi seperti spons besar yang menyerap kolesterol dalam makanan dan mencegahnya diserap tubuh. Selain tiu, potasium yang ada di dalamya membantu menyeimbangkan garam dan membuat tekanan darah menjadi normal.
Rasakan juga khasiat jeruk dengan mencoba resep Yellow Fruit Lollypop ini.
Delima

Si merah ini bisa mencegah terjadinya oksidasi kolesterol dalam pembuluh darah. Jika telah teroksidasi, LDL cenderung menempel pada dinding arteri yang kemudian akan membentuk plak. Namun, hal ini bisa dicegah oleh jus delima.
Menurut Michael Aviram, DSc, profesor di bidang biokimia di Technion-Israel Institute of Technology di Haifa, jus delima dengan kandungan antioksidannya yang unik tak hanya mampu mencegah pertambahan plak. Minuman ini juga bisa membalik proses penumpukan plak jika dikonsumsi sebanyak 227 gram tiap hari dalam setahun. Hal ini disebabkan delima bisa mengaktifkan enzim yang memecahkan oksidasi kolesterol.
Blueberry

Saudara ceri ini juga memiliki kandungan anthocyanins yang sangat bersahabat dengan jantung. Selain itu buah biru ini juga mengandung asam ellagic, beta-karoten, lutein, vitamin C, folat, magnesium, potasium, dan juga serat.
Santap kenikmatan blueberry yang tersaji dalam Blueberry Cheesecake Parfaits.
Tomat

Merupakan sumber terbesar dari likopen. Antioksidan ini memiliki perangkat antiinflamatori yang bisa mencegah timbulnya masalah kardiovaskular. Padukan kehebatan likopen dalam tomat dan asam omega-3 yang ada pada salmon.