Kamis, 28 Maret 2013

Dengarkan Isi Suara Batin Positif Biar Lebih Sehat

img
(Foto: meetupstatic)

Jakarta, Meyakinkan diri bahwa Anda mampu menurut psikolog bisa mendorong orang memang mampu melakukannya. Sebaliknya jika mengatakan ini terlalu sulit maka Anda akan sulit mencapainya. Permainan pikiran ternyata mempengaruhi kemampuan diri seseorang yang bisa bikin tambah sehat atau malah sakit.

Orang yang selalu mengucapkan kata-kata positif dalam hatinya, pasti akan memiliki kepercayaan dan mampu melakukan berbagai hal. Seseorang yang percaya diri pasti akan percaya pada apa yang diyakini dan dipikirkannya. Hal ini akan membuatnya lebih mudah mencapai apapun yang diinginkannya.

Jika seseorang berpikir mampu untuk mencapai hal yang lebih banyak, maka aura positif akan membuat orang mampu untuk melakukan segala hal lebih baik dan lebih banyak.

Setiap orang memiliki suara batin atau biasa disebut dengan 'self-talk'. Para ahli memperkirakan seseorang bisa saja berbicara pada diri sendiri sebanyak 150 sampai 300 kata setiap menitnya ketika orang tersebut terlibat dalam suatu percakapan.

Suara batin ini terkadang bisa sangat mempengaruhi kemampuan atau pemikiran seseorang, dan pengaruh yang diberikannya cukup kuat. Psikolog menyebut suara batin negatif yang muncul di kepala seseorang sebagai pikiran negatif otomatis (automatic negative thoughts/ANTs) yang justru merusak pikiran sehat.

Pikiran-pikiran ini bisa bermacam-macam seperti "Saya tidak bisa melakukannya", "Orang-orang tidak menyukaiku", "Ini terlalu sulit" atau "Semua orang akan menertawakan saya jika saya mengacaukannya". Tapi pikiran-pikiran yang negatif tersebut bisa dihilangkan dengan menggunakan kemampuan pikiran yang meneguhkan (capability-affirming thoughts/CATs).

"Katakan pada diri Anda bahwa Anda bisa melakukannya. Ini sudah terbukti berhasil dilakukan oleh atlet senam AS, atlet yang terus menerus mendorong diri mereka untuk terlibat dalam 'self-talk' positif berhasil melakukan hal yang terbaik," ujar Psikolog Michael Mahoney dari Pennsylvania State University.

Pemikiran positif seperti "Tetap tersenyum", "Saya pasti bisa melakukan ini", "Aku jauh lebih tangguh daripada yang orang lain pikirkan" atau "Tetap percaya diri". Sering mengulangi ucapan kata-kata seperti itu bisa membuat seseorang mengubah pikiran yang negatif menjadi lebih positif.