Senin, 25 Maret 2013

6 Makanan Wajib Untuk Perut Rata & Tulang Kuat




Ingin tambah rajin berolahraga, ingin kulit sehat, ingin tulang kuat, ingin ini dan itu…dan masih banyak keinginan lain yang masuk dalam daftar sehat kita. Apakah ini berarti upaya yang harus kita lakukan juga harus banyak?

Tidak juga.Ternyata, semua itu bisa diraih hanya dengan melakukan satu hal: Memperbaiki pola makan. Simak enam pilihan makanan terdepan yang bisa membantu kita merampingkan tubuh, hidup lebih sehat, dan lebih lincah dalam beraktivitas.

1. Apel
Nutrition Research Newsletter terbitan U.S. Department of Health and Human Services menyebutkan bahwa apel adalah snack yang tepat untuk disantap sebelum mulai berolahraga. Kandungan gulanya tidak terlalu tinggi dan mengandung serat pektin untuk mengatur penyerapan gula darah. Serat pektin termasuk golongan karbohidrat kompleks sehingga baik sebagai sumber energi. Selain itu, apel juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Dengan begitu, kita bisa lebih intens berolahraga tanpa khawatir kelelahan!

2. Ubi Merah
“Di dalam ubi merah, terkandung beta-karoten yang di dalam tubuh akan diubah menjadi pro-vitamin A. Kemudian, pro-vitamin A akan diubah lagi menjadi vitamin A. Vitamin A memainkan peran utama dalam memproduksi jaringan ikat kulit,” jelas David Katz, M.D., direktur Prevention Research Center, Yale University. Dengan menyantap ubi merah dalam porsi yang tepat, kulit kita akan bertambah sehat. Plus, kita juga jadi jarang sakit.

3. Dark Chocolate
Penelitian terbaru mengenai manfaat cokelat yang diketuai oleh Prof. Ian Macdonald, membuktikan bahwa cokelat dapat meningkatkan aliran darah ke otak selama 2-3 jam setelah meminumnya. Meningkatnya aliran darah ke otak dapat membantu meningkatkan daya ingat. Macdonald adalah profesor ahli metabolisme fisiologis dari Nottingham University. “Cokelat mengandung flavonoid  yang membuat aliran darah semakin lancar dan kewaspadaan otak kita juga bertambah. Cokelat yang sehat adalah yang mengandung sekurang-kurangnya 70% kakao atau biasa kita sebut dark chocolate,” kata Macdonald.

4. Avokad
Menurut buku Flat Belly Diet, The Breakthrough Plan, yang ditulis para editor Prevention, makanan yang paling efektif meluruhkan lemak adalah yang mengandung MUFA (monounsaturated fatty acid) atau asam lemak tak jenuh tunggal. Salah satunya yang paling direkomendasi adalah avokad. Menu makan kaya MUFA tidak hanya membantu menurunkan  berat badan, tetapi juga secara spesifik meluruhkan lemak di area perut. MUFA juga dapat menurunkan kadar kolesterol, mencegah penyumbatan pembuluh darah, mengurangi risiko gangguan jantung dan diabetes tipe-2.

5. Tiram
Penelitian tahun 2009 yang dimuat dalam Nutrition Journal menyebutkan, tiram banyak mengandung zink dan kalsium untuk pembentukan tulang. Plus, membantu membentuk kolagen tulang, yang membentuk kerangka tulang agar lebih fleksibel. Kandungan zink di dalam tiram juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, membentuk jaringan otot, mempercepat pertumbuhan sel-sel baru, mencegah pembesaran kelenjar prostat pada pria, mencegah pneumonia (radang paru-paru).

6. Daging Ayam
Sumber protein ini kaya akan asam amino yang disebut tirosin, yang berguna untuk meningkatkan produksi dopamin dan norepinefrin, senyawa kimia di dalam tubuh yang berfungsi memperbaiki mood, menambah energi, serta membantu tubuh menyesuaikan diri dengan stres. Demikian menurut ahli biologi dan nutrisi Banderet, L.E., dan Lieberman, H.R. dalam hasil penelitiannya yang diberi judul Treatment with Tyrosine, a Neurotransmitter Precursor, Reduces Environmental Stress in Humans.
Penelitian menunjukkan bahwa tirosin juga dapat membantu meringankan depresi. Simpulan ini didapat dari hasil penelitian terhadap penderita Alzheimer dan demensia. Disebutkan, kerjasama antara tirosin dan asam amino lain, dapat mengurangi stres yang biasa diderita oleh penderita Alzheimer dan demensia.