Kamis, 14 Maret 2013

Kepribadian Pengaruhi Berat Badan


Sulit langsing meski telah diet habis-habisan? Bisa jadi penyebabnya adalah karakter Anda


Diet Wanita (corbis.com)

Apakah kepribadian Anda bisa menjadi faktor untuk penurunan berat badan? Sebuah studi baru mengatakan, ya!

Studi ini dilakukan Hitomi Saito dari Universitas Doshisha, Jepang. Ia meneliti para pasien yang mengalami obesitas. Studi ini dilakukan melalui konseling gizi dan latihan terapi selama enam bulan di Kansai Medical University Hospital Klinik Obesitas.

Hasil studi menyebutkan, pasien yang mampu meningkatkan kesadaran diri melalui konseling ternyata lebih mungkin untuk menurunkan berat badan dibandingkan mereka yang tidak melakukannya.

Bahkan, pasien yang memulai program ini dengan karakteristik kurang optimis pun cenderung lebih cepat menurunkan berat badannya.

Hasil studi ini mendukung temuan sebelumnya yang mengungkapkan, beberapa emosi negatif memiliki efek positif terhadap perubahan perilaku karena pasien lebih peduli penyakit. Mereka lebih menjaga pola makan, sehingga terhindar dari obesitas mereka akan , kata seorang peneliti dari BioMed.

"Masalahnya, untuk mempertahankan berat badan ideal, para pasien harus bisa mengendalikan diri untuk mengeluarkan emosi negatif. Mengurangi stres psikologis bisa sekaligus menjaga berat badan."