Senin, 09 Mei 2011

Usir Malas Olahraga Bagi Orang Kantoran

Olahraga itu sebenarnya tidak membosankan. Lakukan terus-menerus sampai jadi kebiasaan.

Olahraga (doc. Corbis)

Tak ada yang memungkiri manfaat olahraga bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Hanya saja, walau kita sudah tahu manfaatnya, terkadang tetap saja malas latihan secara rutin, entah karena kesibukan di kantor atau di rumah.

Untuk itu, diperlukan dorongan kuat untuk memacu kembali semangat berolahraga. Sebelum mulai memotivasi diri, kita perlu tahu manfaat apa saja yang akan didapat dari aktivitas ini. Dikutip dari laman Idiva, berikut ini beberapa manfaat olahraga yang mungkin belum diketahui banyak orang.

* Memperkuat otot

* Mengoptimalkan sistem kardiovaskular

* Pengasah ketrampilan atletik

* Mengontrol berat badan

* Untuk bersenang-senang

* Sebagai kompetisi memenangkan sesuatu

Nah, setelah mengetahui manfaatnya, bagaimana cara mengusir rasa malas? Ada cara mudah untuk itu. Berikut ini tipsnya:

Jadikan olahraga sebagai aktivitas yang menyenangkan

Ada begitu banyak cara untuk tidak membuat olahraga membosankan. Mainkan musik, atau ajak pasangan Anda untuk melakukan aktivitas santai olahraga. Atau bisa juga ikut sertakan saudara, ibu atau teman. Coba olahraga yang berbeda setiap hari sehingga Anda tidak bosan dengan rutinitas yang sama.

Tak perlu ke gym

Berolahraga tidak berarti hanya berjalan di treadmill atau mengangkat beban di gym. Hal ini dapat dilakukan di mana pun. Kegiatan outdoor yang menyenangkan seperti pergi untuk jogging dan berjalan di taman akan menjadi aktivitas olahraga yang lebih menyenangkan. Atau bisa juga mencoba permainan bulutangkis di pekarangan rumah.

Tak perlu baju olahraga yang khusus

Yang Anda butuhkan adalah sebuah t-shirt, celana yang mudah menyerap keringat atau celana pendek dan sepatu kets yang nyaman. Kenyamanan dan berbusana sederhana dalam berolahraga lebih penting daripada menggunakan pakaian khusus dan bagus namun tak nyaman.

Menantang diri

Inspiring atau menantang diri sendiri akan memberikan semangat. Menetapkan tujuan untuk diri sendiri, menjaga target jangka pendek yang dapat dicapai sehingga ketika berhasil mencapai seluruh target bisa memotivasi diri untuk lebih keras berolahraga di waktu berikutnya.

Lakukan olahraga yang Anda suka

Penting untuk mengetahui olahraga apa yang menjadi favorit Anda. Melakukan aktivitas di gym mungkin membosankan untuk sebagian orang. Jadi cobalah berbagai jenis olahraga untuk mengetahui apa yang Anda sukai.

Lambat dan mantap

Mulailah olahraga secara bertahap. Mulailah dengan tiga puluh menit berjalan tiga kali seminggu. Kemudian secara berangsur-angsur menambah waktu olahraga hingga lima kali per minggu.

Bergabung dalam kompetisi

Bergabung dengan kompetisi maraton atau kegitan fun bike bisa menjadi hal yang menyenangkan. Mengetahui bahwa Anda akan bersaing akan memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan untuk melatih lebih keras dan lebih baik. Anda akan merasakan kebanggaan tersendiri jika berhasil meraih prestasi dan kemenangan.

Lakukan secara rutin

Bagian tersulit adalah memulai rutinitas olahraga baru menjadi teratur. Konsistensi adalah kunci, jadi cobalah tidak melewati satu hari. Tidak membuat alasan. Berusaha pergi ke gym, bahkan pada saat Anda sedang merasa tidak fit 100%. Beberapa latihan ringan selalu akan membuat Anda merasa baik.

Istirahat itu penting

Pemulihan ini sangat penting. Anda harus memberikan tubuh anda kesempatan untuk beristirahat. Ambil satu hari libur dari latihan Anda sehingga tubuh Anda beristirahat dan otot pulih dari sakit dan nyeri jika ada.

Olahraga itu sebenarnya tidak membosankan. Lakukan secara terus-menerus secara bertahap agar hal itu menjadi suatu kebiasaan.