Senin, 09 Mei 2011

Ingin Langsing, Jangan Makan di Meja Kerja

Anda bisa menurunkan berat badan tanpa perlu diet ketat. Bagaimana caranya?

Olahraga (doc Corbis)

Rupa-rupa cara digunakan wanita untuk mencapai berat badan yang ideal. Mulai dari menghindari makanan-makanan tertentu secara ketat sampai olahraga keras setiap hari demi menginginkan tubuh yang langsing.


Tetapi tahukah Anda, ada metode penurunan bobot badan tanpa perlu berlelah-lelah berolahraga dan diet. Ingin tahu bagaimana caranya? Dikutip dari laman Times of India berikut sejumlah kiat yang perlu dicoba.

Jadilah tuan dari remote TV dan matikan!

Menurut studi dari Food Quality & Preference, orang akan menikmati makan mereka ketika berhadapan dengan bunyi-bunyian dan suara berisik, termasuk dari televisi. Jadi saat makan, matikan TV Anda. Anda akan merasa kenyang dan lebih kenyang.

Jangan makan di meja kerja

Sebuah studi yang dipublikasikan The American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan orang yang suka makan di depan komputer, biasanya tidak ingat apa saja yang telah mereka makan. Maka, mereka cenderung makan lebih banyak tanpa berpikir.

Jadi mulai sekarang, kalau ingin makan, pergilah ke ruang makan, duduk, lalu nikmati makan makanan Anda!

Saat ingin belanja, makanlah dulu, baru pergi

Jika Anda pergi ke mall dengan perut kosong, kemungkinan Anda akan tergoda untuk menikmati makanan di food court. Makanan-makanan yang menggugah selera Anda itu besar kemungkinan tidak sehat. Atau sebagai alternatif agar agar tidak tergoda, Anda bisa memilih mengemil apel sembari berbelanja.

Rencana ke depan dan siapkan daftar belanja

Catat apa yang Anda butuhkan dan tempel ke daftar belanja makanan Anda. Belanja tanpa menetapkan tujuan, kemungkinan Anda akan tergoda untuk membeli barang yang sebenarnya belum begitu diperlukan. Tanpa perencanaan matang, Anda akan membeli makanan apa saja yang disukai tanpa memikirkan efeknya terhadap tubuh. Selain rencana ini sehat untuk tubuh, ini juga sehat untuk dompet.

Survei menu di restoran

Jangan sampai Anda tergoda dengan tawaran restoran. Mereka dapat menarik Anda untuk makanan yang Anda tidak mau makan. Cari tahu menu sehat di restoran, pilihlah asupan makan yang sesuai dan rendah lemak.

Visualisasikan

Menurut peneliti Carnegie Mellon University membayangkan diri Anda makan makanan yang Anda inginkan dapat membantu Anda menghindari makanan berlebih. Singkatnya, jika Anda berulang kali berpikir tentang jenis makanan tertentu, memvisualisasikannya, sebenarnya mengurangi kemungkinan Anda memakannya dalam kenyataan.

Jangan pernah menolak makanan sendiri

Biarkan diri Anda menikmati makanan favorit Anda kali ini. Jangan sampai Anda tertekan dengan memperketat makanan Anda secara rutin. Orang yang cenderung kelaparan akan kehilangan cairan penting, nutrisi dan jaringan otot. Kurangnya nutrisi penting dapat menyebabkan tubuh mengalami hipotensi, mulut kering, dan bau mulut.