Jumat, 20 Mei 2011

Mencegah Bau Mulut

images-17

Orang orang zaman dulu, memiliki kebiasaan mengunyah daun sirih yang dicampur dengan gambir. Rasanya tentu saja getir dan beraroma khas.


Kenapa mereka mau mengunyah daun sirih yang getir itu ?
Ternyata, dengan mengunyah daun sirih, gigi menjadi kuat, tidak mudah patah, tidak mudah berlubang, dan yang juga tidak kalah penting: mengusir bau mulut yang tidak sedap. Wajar bila orang tua zaman dulu rata - rata memiliki gigi yang utuh.

Sekarang, memang sudah bukan zamannya lagi mengunyah daun sirih, apalagi dicampur dengan gambir. Namun, Anda tetap dapat menikmati khasiat daun sirih dengan cara yang lebih praktis, yaitu :
1. Ambil 2 lembar daun sirih, cuci bersih, lalu rebus dengan 3 gelas air atau 300 cc, hingga air tinggal 1 gelas atau 100 cc.
2. Dinginkan, dan minum hingga habis.

Cara tersebut lebih efektif dibanding mengunnyah daun sirih dicampur gambir, yang akan membuat mulut berwarna oranye. Daun sirih dapat dibeli di pasar tradisional dengan harga yang sangat murah.

Anda juga dapat menanam sendiri pohon sirih di halaman rumah. Tanaman merambat dengan warna daun hijau kekuningan ini, selain mudah ditanam, dapat dijadikan penghias halaman rumah, juga dapat dimanfaatkan sebagai obat pengusir bau mulut.