Selasa, 31 Mei 2011

Trik Membersihkan Riasan Mata

Jika tak dibersihkan dengan baik, riasan yang masih menempel di mata bisa memicu iritasi.

riasan mata (dok. Corbis)

Riasan mata tebal seringkali sulit dibersihkan. Setelah dibersihkan, biasanya meninggalkan noda hitam pada area sekitar mata. Padahal, noda tersebut harus langsung dibersihkan dan tidak boleh dibiarkan menempel di kulit.


Bukan hanya membuat kulit mata terlihat hitam tetapi juga berisiko menimbulkan iritasi. Termasuk, bisa jadi pemicu terbentuknya kerutan di sekitar mata.

Untuk mencegahnya, ikuti lima langkah berikut saat membersihkan riasan mata:

1. Gunakan kapas
Teteskan cairan pembersih riasan pada kapas. Pastikan cairan merata untuk membersihkan mata. Pilih kapas yang berbahan halus dan tak mudah rontok, agar pembersihan bisa maksimal. Selain cairan pembersih riasan, Anda juga bisa menggunakan baby oil atau minyak zaitun

2. Diamkan beberapa menit
Saat membersihkan mata, harus satu persatu. Anda bisa memulai dengan mata kiri atau mata kanan terlebih dulu. Setelah mengaplikasikan kapas yang sudah mengandung pembersih pada mata, diamkan selama beberapa menit, jika memang riasan cukup tebal. Cara ini bisa efektif membersihkan lapisan riasan yang tebal.

3. Usap ke arah bawah
Bersihkan mata dengan menggunakan kapas ke arah bawah. Hal ini untuk mencegah riasan malah mengotori bagian samping mata.

4. Bersihkan bagian bawah mata
Jangan lupa untuk membersihkan juga bagian bawah mata. Jika tidak langsung dibersihkan, bisa muncul lingkaran hitam yang berasal dari residu riasan.

5. Pastikan benar-benar bersih
Pastikan tidak ada lagi sisa riasan. Terutama sisa maskara yang kering. Jika Anda merasa riasan masih menempel, jangan segan untuk melakukan dua kali proses pembersihan.