Selasa, 31 Mei 2011

Lemak Esensial Penting Bagi Pertumbuhan Anak

Anak di bawah usia dua tahun misalnya 40 persen kebutuhan energinya berasal dari lemak.

Ibu & anak (www.corbis.com)

Berbeda dari orang dewasa, anak dalam masa pertumbuhan membutuhkan lemak lebih banyak. Di masa awal kehidupan, seorang anak membutuhkan asam lemak esensial cukup banyak.


Anak di bawah usia dua tahun misalnya 40 persen kebutuhan energinya berasal dari lemak. Seiring tumbuh kembang anak, kebutuhan lemak berkurang.

"Lemak bermanfaat bagi tumbuh kembang anak, terutama asam lemak esensial," terang dr Rini Sekartini dari Ikatan Dokter Anak Indonesia pada seminar bertajuk 'Pentingnya Lemak Esensial dan Manfaatnya untuk Tubuh' di Jakarta, Sabtu 12 Februari 2011.

Menurut dr Rini, lemak esensial sangat penting bagi pertumbuhan anak yakni membangun jaringan sel, membantu penyerapan nutrisi, kinerja syaraf dan hormon tubuh. Dua lemak esensial yang penting pada masa pertumbuhan seorang anak adalah asam lemak omega 3 dan omega 6.

"Penelitian pada anak menunjukkan asupan omega 3 pada anak masih rendah dibandingkan kebutuhan mereka. Sehingga perlu menjamin asupan omega 3 dari makanan yang disukai anak-anak," ungkapnya.

Selain faktor genetik dan lingkungan, tumbuh kembang anak dipengaruhi asupan nutrisi sejak dalam kandungan ibu. Ia membeberkan, studi membuktikan ibu hamil yang makan ikan (omega 3 dan 6) akan mempengaruhi kecerdasan dan perilaku anak. Studi lain menyatakan asupan asam lemak esensial mempengaruhi ketajaman penglihatan bayi.

Untuk itu perlu memperkenalkan pada anak pola makan sehat sejak dini. Pola makan seimbang, mengurangi makanan berlemak trans seperti menu siap saji dan gorengan akan membantu anak tumbuh optimal dan jauh dari kegemukan serta penyakit hingga dewasa.