Selasa, 22 Mei 2012

Rahasia kulit tetap cantik dan sehat


Rahasia kulit tetap cantik dan sehat
wajah perempuan/shutterstock/Subbotina Anna
 
Diet, olahraga, dan perawatan kulit berperan dalam menjaga kesehatan kulit Anda. Cantik alami membuat kulit Anda semakin bersinar. Mau tahu cara perawatan kulit sederhana dengan hasil maksimal? Ikuti tips untuk menjaga keindahan, kelembutan, dan kulit supaya tampak lebih muda, seperti yang dilansir di lovingyou.com.

1. Konsumsi makanan kaya omega-3. Asam lemak esensial merupakan kunci untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Mereka dapat membantu mengurangi peradangan, menghindari kekeringan, mengurangi munculnya keriput, dan mendukung struktur kulit. Makanan yang menjadi sumber omega-3 adalah daging merah, telur, ikan teri, salmon, sarden, dan tuna. Sumber makanan lain terdapat pada kenari dan beberapa sayuran hijau.

2. Selalu menggunakan krim pelindung matahari. Sinar UV bisa menyebabkan penuaan dini, seperti garis-garis halus dan kerutan. Terlebih lagi, sinar matahari juga dapat menyebabkan kanker kulit. Gunakan tabir surya setiap hari, memakai pakaian pelindung, termasuk kacamata hitam dan topi, untuk melindungi kulit dan mata dari sinar matahari.

3. Konsumsi makanan yang mengandung banyak anti-oksidan. Itu dapat melindungi kerusakan kulit akibat adanya radikal bebas yang disebabkan oleh matahari, asap, polusi, dan faktor lingkungan lainnya. Radikal bebas merusak kulit Anda sampai ke sel-sel. Anti-oksidan melindungi kolagen atau jaringan ikat yang membuat kulit halus. Nutrisi yang mengandung anti-oksidan adalah vitamin A, C, dan E. Vitamin ini dapat ditemukan dalam buah-buahan segar seperti berries, sayuran, dan kacang-kacangan. Carilah produk yang perawatan kulit yang mengandung anti-oksidan.

4. Lakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit. Pengelupasan adalah salah satu kunci utama untuk menjaga kesehatan kulit. Pengelupasan kulit secara teratur bisa menghilangkan sel-sel kulit mati untuk menyokong sel kulit baru yang lebih lembut dan halus. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi dan memperbaiki penampilan kulit Anda. Gunakan scrub lembut untuk pengelupasan kulit pada wajah dan daerah sensitif lainnya. Untuk scrub kasar, gunakan pada bagian-bagian seperti siku dan lutut.

5. Tetap terhidrasi dan berolahraga secara teratur. Anda harus menjaga kulit dan tubuh Anda lembab. Minum banyak air dan gunakan pelembab dari kepala sampai kaki setiap hari. Hidrasi sangat penting untuk menjaga kulit Anda tetap sehat, lembut, dan indah. Ketika di luar rumah atau di tempat yang panas dan setiap kali Anda berolahraga, Anda harus selalu membawa cadangan air minum. Selain itu, Anda harus membatasi minum alkohol dan asupan kafein untuk menghindari dehidrasi. Olahraga setiap hari juga menjadi faktor penting untuk kulit yang sehat.

6. Tidur yang cukup selama tujuh sampai delapan jam. Untuk menghindari jerawat, mata bengkak, peradangan, dan masalah kulit lainnya, pastikan Anda cukup tidur.
Selalu gunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Cobalah untuk menghindari bahan kimia dan deterjen dalam pembersih, pelembab, make up, dan produk perawatan kulit lainnya.