Senin, 28 Mei 2012

Aspirin Obat Pengencer Darah



Aspirin obat antidemam yang sudah digunakan lebih dari seratus tahun. Belakangan kedapatan aspirin punya efek antibeku darah. Saat pembuluh darah cedera itu. Kehadiran aspirin mencegah menumpuknya sel pembeku darah agar tak saling melengket sehingga tidak terbentuk gumpalan darah. Selain itu, aspirin juga meredakan peradangan yang terjadi pada ‘karat lemak” dinding pembuluh darah.

Orang yang sudah memiliki penyakit jantung koroner, namun belum pernah terjadi serangan koroner, dengan rutin minum aspirin bisa mencegah seperempat kejadian serangan jantung atau stroke jika menelan 162 mg aspirin (2 tablet) sehari. Mencegah kematian oleh serangan jantung sebanyak seperlimanya.

Aspirin juga dinilai bermanfaat bagi orang yang belum didiagnosis penyakit jantung koroner. Dari beberapa studi terungkap bahwa aspirin mencegah seseorang terserang jantung, khususnya pada mereka yang sudah berumur diatas 50 tahun.


Dianjurkan yang sudah berumur diatas 50 tahun menelan 81 mg tablet aspirin setiap hari. Namun, pemakaian aspirin harus minta persetujuan dokter lebih dahulu, karena efek perdarahan yang mungkin ditimbulkannya, sehingga menambah risiko perdarahan otak.

Tidak mengkonsumsi aspirin apabila mengidap penyakit hati, ginjal, dan lambung atau perdarahan pencernaan lain atau mereka yang alergi terhadap aspirin atau sedang memakai obat pengencer darah warfarin.