Selasa, 22 Mei 2012

5 Hal ini bisa membuat wajah Anda cepat tua


5 Hal ini bisa membuat wajah Anda cepat tua
Ilustrasi. merdeka.com/Glamzzle.com


Hati-hati dengan makanan atau kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari. Tanpa sadar, bahkan hal yang remeh seperti segelas kopi setiap hari, juga bisa membuat wajah Anda terlihat lebih tua. Apa saja hal-hal atau makanan yang bisa mempengaruhi penampilan wajah Anda? Berikut adalah daftarnya, seperti dilaporkan oleh MSNBC.
1. Merokok
Dr Deborah Wattenberg mengatakan bahwa merokok adalah hal terburuk yang Anda lakukan pada tubuh Anda, terutama pada kulit. Nikotin dan bahan kimia lain yang ada dalam rokok bisa menghancurkan kelenturan kulit dan kolagen, kemudian membuat kerutan dan garis-garis pada wajah Anda. Merokok juga bisa mempengaruhi pembuluh darah pada kulit, menghalangi asupan oksigen, sehingga membuat kulit Anda kusam.
2. Wine, permen, dan kopi
Ternyata, semua hal yang Anda sukai seperti permen dan kopi bisa merusak kulit Anda. Alkohol dan kafein bersifat diuretik dan membuat Anda tak bisa mempertahankan cairan dalam tubuh. Ini bisa mengurangi kelembaban kulit dan membuat kulit Anda kering. Makanan-makanan ringan dan junk food juga memiliki pengaruh yang sama.
3. Kurang tidur
Ketika Anda kurang tidur, kulit Anda akan merasa stres. Ini menyebabkan kulit Anda melepaskan hormon cortisol yang membuat kulit Anda menjadi berminyak dan menyebabkan jerawat. Ini tentu akan membuat kulit Anda tampak tidak menarik.
4. Mengatasi jerawat dengan cara yang salah
Ini mungkin sudah biasa Anda lakukan. Namun  Wattenberg menyarankan ketika kulit Anda mulai berjerawat, pastikan Anda tidak mencoba menggosok atau mencuci wajah Anda terlalu sering. Menggosok dan mencuci wajah yang berjerawat terlalu sering bisa menyebabkan iritasi. Jika wajah Anda berjerawat, cuci dengan lembut dengan menggunakan produk penghilang jerawat seperti slycilic acid. Jangan sampai Anda menekan atau mencabut jerawat Anda! Ini bisa menyebabkan bekas luka, pigmentasi, dan membuat jerawat bertambah parah karena bakteri bisa semakin masuk ke kulit, serta menyebabkan infeksi.
5. Tidak memakai sunscreen
Pastikan Anda selalu siap menghadapi matahari dengan sunscreen, terutama jika Anda melakukan banyak kegiatan di luar ruangan. Sunscreen adalah salah satu kunci untuk membuat wajah Anda tetap muda.
Itulah beberapa hal yang harus Anda waspadai untuk mencegah penuaan yang terlalu cepat pada wajah Anda.