Senin, 28 Mei 2012

Olahraga Plus Sarapan, Kombinasi yang Pas di Pagi Hari



img
(foto: Thinkstock)

Jakarta, Saat pagi hari biasanya orang sibuk mempersiapkan segala keperluannya untuk beraktivitas. Tapi jika ingin punya tubuh dan mental yang sehat sebaiknya jangan lupakan kombinasi sarapan dan olahraga.

Para ahli menuturkan olahraga secara teratur dan mendapatkan sarapan adalah kombinasi yang cerdas untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental serta kesejahteraan yang lebih baik.

Hal ini karena kombinasi sarapan dan olahraga di pagi hari bisa membuat seseorang lebih efektif menggunakan energi dalam beraktivitas dan mendapat zat gizi yang optimal, seperti dikutip dari Livestrong.

Seperti sudah diketahui sarapan bisa mempertahankan berat badan sehat dan membantu menurunkan berat badan. Selain itu sarapan bermanfaat mengurangi rasa lapar, mendorong pilihan makanan sehat dan memberikan lebih banyak energi untuk beraktivitas.

Meskipun segala jenis makanan baik untuk sarapan dibanding tidak sama sekali, tapi semangkuk oatmeal adalah pilihan yang cerdas dibanding makanan yang terlalu manis. Sarapan sehat sebaiknya mengandung karbohidrat kompleks, lemak shat dan protein.

Sedangkan olahraga di pagi hari membantu meningkatkan tingkat energi sepanjang hari. Jika memiliki jam kerja panjang atau kegiatan melelahkan maka olahraga pagi adalah pilihan yang tepat.

Mulailah dengan pemanasan singkat untuk merilekskan otot setelah tidur di malam hari, kemudian dilanjut dengan sesi kardio atau mengangkat beberapa beban. Untuk menjaga kesehatan, lakukan olahraga 30 menit selama 3-5 kali dalam seminggu.

Untuk mandapatkan manfaat maksimal hal yang penting adalah mengatur waktu antara olahraga dan sarapan. Usahakan untuk memberikan waktu antara olahraga dan makan berat sarapan, sebaiknya konsumsi cemilan sehat sebelum olahraga.