Minggu, 04 Desember 2011

Yoga dan Peregangan Baik untuk Atasi Nyeri Punggung

img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Sakit atau nyeri di punggung adalah keluhan hampir sebagian besar orang. Tapi jika kondisi ini sudah kronis, sebaiknya lakukan yoga dan juga peregangan untuk membantu meringankannya.

Studi baru menemukan mengikuti kelas yoga mingguan bisa mengurangi rasa sakit dan membuat orang dengan nyeri punggung kronis bisa bekerja lebih baik. Terlebih jika pasien juga mengikuti kelas peregangan (streching) secara teratur.

Para peneliti mengungkapkan peserta yang mengikuti kedua kelas tersebut selama 3 bulan memiliki gejala yang lebih sedikit dan dapat berfungsi dengan baik, dibandingkan dengan peserta yang hanya diberi buku dan saran untuk mencegah serta mengelola rasa sakit.

"Kami telah mengetahui bahwa olahraga ini baik untuk sakit punggung dan bisa menjadi pilihan yang sangat tepat," ujar Dr Timothy Carey dari University of North Carolina, Chapel Hill, seperti dikutip dari Reuters.

Hasil studi yang dilaporkan dalam Archives of Internal Medicine menemukan streching disini kemungkinan adalah latihan peregangan yang sudah termasuk dalam kelas latihan yoga.

Dalam studi ini peneliti melibatkan 228 orang dewasa yang memiliki nyeri punggung dan dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu kelompok yang diberi kelas latihan yoga dan streching serta kelompok yang hanya diberi buku mengenai olahraga untuk mengurangi nyeri dan saran mengenai pola hidup yang baik.

Setelah 3 bulan diketahui kelompok yang melakukan yoga dan streching memiliki perbaikan gejala yang lebih baik, lebih sedikit mengonsumsi obat pereda nyeri dibanding kelompok non-olahraga.

"Umumnya tidak ada pengobatan yang bisa bekerja untuk semuanya, tapi latihan ini bisa menjadi pilihan yang layak untuk dicoba," ujar Karen Sherman dari Group Health Research Institute di Seattle yang memimpin studi ini.

Hal terpenting lainnya adalah seseorang harus melakukan latihan yang disenangi atau bisa dinikmatinya, karena dengan begitu ia bisa mempertahankan motivasinya untuk terus melakukan latihan.