Minggu, 04 Desember 2011

Apakah Penderita Maag Kronis Boleh Minum Susu dan Teh?

img
(Foto: thinkstock)
Dok, saya punya penyakit maag yang kata dokter tempat saya periksa sudah bisa dibilang kronis. Tapi saya suka sekali minum susu dan teh, apakah kebiasaan saya ini bisa memperparah penyakit maag yang saya derita? Atau tidak apa-apa jika terus mengonsumsinya? Terimakasih.

Feri Damayanti (Perempuan Lajang, 19 Tahun), feyXXXX@yahoo.co.id
Tinggi Badan 157 Cm dan Berat Badan 39 Kg

Jawaban

Kalau keluhan itu sering timbul dan pengobatannya tidak pernah tuntas bisa saja penyakit tersebut menjadi kronis. Namun pertanyaannya kemudian adalah, apakah benar keluhan Anda disebabkan oleh gastritis (maag)? Ataukah perlukaan (tukak lambung) atau infeksi helikobakter?

Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan cairan lambung dan bukan tidak mungkin diperlukan pemeriksaan teropong lambung dan usus dua belas jari (duodenum) yang disebut gastroduodenoskopi.

Tentang kebiasaan minum susu dan teh, bukan merupakan hal yang dilarang. Karenanya selama cara minumnya tidak berlebihan dan kualitas susunya baik justru akan membuat tubuh sehat. Karenanya mintakanlah pemeriksaan lebih mendetail, semoga bukan suatu kelainan yang mengkhawatirkan.

Dr. Pria Agustus Yadi, Sp.B-KBD
Dokter Spesialis Bedah Digestif. Praktik di RS PONDOK INDAH Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525.