Minggu, 04 Desember 2011

Apakah Arti Rasa Nyeri di Perut Kiri?

img
(Foto: Thinkstock)
Dokter, saya mau tanya tanda-tanda penyakit ginjal itu apa? Terus saya ada keluhan rasa nyeri atau ada yang mengganjal di perut bagian kiri tepatnya di pangkal paha kiri. Apa arti nyeri di perut bagian kiri ini? Apakah itu tanda-tanda penyakit ginjal? Terimakasih dok.

Riono Budiadi (Pria Menikah, 30 Tahun), rionopaXXX@yahoo.co.id
Tinggi Badan 171 Cm dan Berat Badan 85 Kg

Jawaban

Menurut saya keluhan Anda bukan kelainan ginjal, mengingat lokasi ginjal yang berada di bagian atas belakang perut kita, sehingga keluhan pada umumnya berupa nyeri pinggang namun bisa juga nyeri tersebut menjalar ke pangkal paha tapi tidak berupa benjolan di pangkal paha.

Pertanyaan saya, apakah benjolan tersebut hilang timbul atau menetap?

Kalau hilang timbul biasanya disebabkan karena hernia lipat paha (hernia inguinalis). Namun kalau benjolan itu menetap, bisa juga merupakan pembesaran kelenjar getah bening di sekitar lipat paha (inguinal) yang disebabkan oleh peradangan ditempat yang mempunyai aliran getah bening kearah inguinal.

Karenanya, sebaiknya segera memeriksakan diri kepada dokter bedah ataupun penyakit dalam untuk menegakkan diagnosis dari penyakit yang Anda derita. Mudah-mudahan bukan merupakan kelainan yang serius, selamat berobat!

Untuk penyakit ginjal biasanya banyak orang yang tidak menyadari karena memang biasanya tidak menunjukkan gejala-gejala umum. Kebanyakan pasien ginjal kronis sudah datang pada stadium lanjut dan menunjukkan gejala seperti muntah-muntah, sesak napas karena kelebihan cairan di paru-paru, mual, pucat, bengkak-bengkak.

Dr. Pria Agustus Yadi, Sp.B-KBD
Dokter Spesialis Bedah Digestif. Praktik di RS PONDOK INDAH Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525.