Minggu, 04 Desember 2011

Apakah Dispepsia Bikin Nyeri Dada?

img
(Foto: thinkstock)
Dok, apakah dispepsia (gangguan pencernaan) bisa menyebabkan nyeri punggung dan nyeri dada juga? Karena saya didiagnosa menderita dispepsia, namun punggung dan dada saya sering nyeri juga. Apakah saya perlu periksa ke dokter lain? Mohon masukkannya. Terimakasih.

Johan (Pria Menikah, 27 Tahun), it.joXXX@hotmail.com
Tinggi Badan 168 Cm dan Berat Badan 58 Kg

Jawaban

Dispepsia diartikan sebagai gangguan pencernaan dengan berbagai gejala. Penyebabnya sangat banyak baik berupa kelainan struktur (anatomi dari saluran pencernaan), fungsi yang berhubungan dengan peristaltik, fungsi enzimatik, fungsi hormonal dan peranan kandungan elektrolit, mineral dan beberapa zat kimia di dalam darah yang akan mempengaruhi fungsi percernaan, serta kelainan psikologik seperti kecemasan yang akan mempengaruhi fungsi pencernaan.

Kelainan anatomi, bisa terjadi pada sepanjang saluran cerna mulai dari esofagus, lambung, duodenum, usus halus (jejunum dan ileum) maupun usus besar dengan berbagai perangkatnya.

Berbagai kelainan yang dapat terjadi antara lain adanya perlukaan (ulkus), akibat infeksi atau radang, trauma, tumor, divertikel, herniasi dan sebagainya.

Namun berdasarkan keluhan Anda, sangat mungkin penyebabnya berasal dari saluran cerna bagian atas seperti esofagus dan lambung, mungkin karena adanya perlukaan, tingginya produksi asam lambung oleh berbagai sebab atau refluks cairan lambung ke dalam rongga esofagus.

Untuk memastikan, sebaiknya konsultasi dengan dokter penyakit dalam yang mendalami bidang saluran cerna (gastroenterologi & hepatologi) untuk mendapatkan analisis dan pemeriksaan lebih lanjut. Semoga informasi ini cukup membantu kesulitan dan permasakahan Anda. Terimakasih.

Dr. Pria Agustus Yadi, Sp.B-KBD
Dokter Spesialis Bedah Digestif. Praktik di RS PONDOK INDAH Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525.