Minggu, 04 Desember 2011

Ulu Hati Sakit, Apa yang Harus Dilakukan?

img
(Foto: thinkstock)
Dokter, kalau saya lagi santai atau istirahat, ulu hati sampai dada sering sekali berdenyut seperti menekan dada yang seolah mau pingsan. Kalau bisa sendawa atau kentut bisa lega tapi kembali deg-degan lagi.

Saya periksa ke Dokter katanya asam lambung tinggi karena sering puasa. Sudah 2-3 bulan ini saya hentikan puasa tapi masih sering deg-degan. Apa yang harus saya lakukan Dok? Saya 2-3 kali jogging dalam seminggu. Terimakasih.

Nurni (Perempuan Menikah, 43 Tahun), nurni.XXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 158 Cm dan Berat Badan 56 Kg

Jawaban

Keluhan ibu dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, apakah penyebabnya berasal dari dalam rongga perut ataukah di luar rongga perut.

Kelainan rongga perut dapat berupa:
1. Tingginya asam lambung
2. Radang esofagus (esofagiitis)
3. Radang kantong empedu dengan atau tanpa batu
4. Ataupun adanya kelainan yang menyebabkan terganggunya aliran makanan bisa karena radang kronis, penekanan dari luar usus atau lambung, perlengketan atau tumor.

Bisa juga penyebabnya di luar perut, misalnya:
1. Penyakit jantung koroner yang sering terjadi penyempitan pembuluh darah jantung
2. Radang paru atau selaput paru.

Periksakanlah segera ke dokter penyakit dalam dulu untuk memastikan atau menghilangkan penyebab-penyebab organ perut. Bila semua baik, maka periksakan pada dokter jantung atau paru-paru.

Dapat juga Anda mintakan pemeriksaan USG perut bagian atas, terutama untuk melihat liver, saluran dan kantong empedu, daerah sekitar lambung seperti pankreas, limpa dan kelenjar getah bening. Pemeriksaan lain adalah, pemeriksaan endoskopik (gastroskopik), foto esofagus, lambung dan duodenum dengan menggunakan kontras.

Dr. Pria Agustus Yadi, Sp.B-KBD
Dokter Spesialis Bedah Digestif. Praktik di RS PONDOK INDAH Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525.