Minggu, 04 Desember 2011

Anggur Hibrida Aman untuk Orang yang Konsumsi Obat Jantung

img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Anggur memiliki senyawa negatif yang dapat berinteraksi dengan beberapa obat. Buah anggur biasanya tidak boleh dikonsumsi oleh orang-orang dengan pengobatan tertentu atau dikonsumsi bersama dengan obat-obat tertentu karena anggur mengandung senyawa furanocoumarins. Tapi sekarang ada solusinya.

Furanocoumarins adalah sanyawa atau komponen kimia organik dalam anggur (Citrus Paradisi). Senyawa tersebut berbahaya karena dapat meningkatkan dosis efektif dari beberapa obat tekanan darah dan jantung.

Para peneliti dari University of Florida telah menciptakan sebuah anggur hibrida yang memiliki rasa anggur yang sama, tetapi tanpa senyawa furanocoumarin. Anggur dapat aman bila dikombinasikan dengan obat tekanan darah dan obat jantung.

"Ada jenis tertentu anggur yang biasa disebut dengan pummelo, beberapa di antaranya memiliki kandungan furanocoumarins di dalamnya yang sangat rendah atau tidak ada sama sekali. Selain itu, sebagai bonus tambahan, anggur hibrida tersebut tanpa biji. Sehingga memudahkan bagi yang mengonsumsinya," kata Fred Gmitter dari University of Florida seperti dilansir dari FoxNewsHealth.

Peneliti telah membiakkan jenis anggur baru yang dapat memungkinkan orang-orang yang mengonsumsi obat-obatan tekanan darah dan jantung tetap dapat menikmati buah tersebut tanpa mengkhawatirkan interaksi obat.

Pada penelitian tersebut para peneliti mengukur kandungan 7 furanocoumarins, paradisin C, bergaptol, isoimperatorin, 5′,8′-dimethylallyloxypsoralen (5,8-DMP), dan epoxybergamottin pada 3 jenis furanocoumarins. Tiga jenis furanocoumarins dalam 8 anggur jenis hibrida tidak terdeteksi atau terdeteksi dengan kandungan yang sangat rendah.

Hasil yang hampir sama juga diamati pada jenis hibrida triploid. Berdasarkan pada semua kultivar dan hibrida, menunjukkan hubungan yang kuat antara 6,7-DHB, bergamottin, dan paradisin C.

Keterkaitan yang kuat tersebut dapat mencerminkan hubungan metabolisme pada jalur bergamottin. Sifat dari furanocoumarins kemungkinan dikontrol oleh satu gen enzimatik atau pengaturan tunggal dalam jalur tersebut. Jenis anggur hibrida baru dapat dikonsumsi tanpa peringatan khusus.

"Dokter umumnya tidak mengatakan kepada pasien mereka untuk tidak mengonsumsi lemon atau seledri. Sehingga jenis anggur hibrida baru cukup aman seperti lemon atau seledri," kata Gmitter

Buah anggur juga memiliki beberapa khasiat, antara lain:
1. Mengandung vitamin C yang tinggi
2. Mengandung vitamin A, B1, dan B2
3. Memiliki kandungan kalori yang rendah
4. Merupakan sumber kalium
5. Mengandungi phytonutrien

Hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan dan dijelaskan secara rinci dalam Journal of the American Society for Horticultural Science.