Selasa, 15 Maret 2011

Benarkah Bir Bisa Cegah Kanker

Benarkah Bir Bisa Cegah Kanker
Selain wine, ternyata bir juga dianggap bisa mencegah sejumlah penyakit.

(blog.collegebars.net)

Selama ini, sejumlah penelitian medis sudah mengungkapkan manfaat minum wine untuk kesehatan. Selain wine, ternyata bir juga dianggap bisa mencegah sejumlah penyakit.

Namun, bagi Anda yang ingin minum bir untuk kesehatan, sebaiknya Anda juga perlu menjaga jumlah asupan bir. Idealnya, satu gelas per minggu.

Ingin tahu manfaat dari bir?

1. Mencegah kanker
Menurut studi awal, zat yang terkandung dalam bir dapat membantu menghambat enzim tertentu yang dapat memicu kanker. Selain itu bisa membantu tubuh dalam memecah karsinogen. Senyawa yang ada dalam bir saat ini juga sedang diuji dengan harapan kelak bisa menjadi obat pencegahan kanker prostat dan kanker usus besar.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung
Menurut beberapa penelitian, termasuk yang dilakukan di Institut Epidemiologi di University of Muenster, minum bir mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Alasannya sederhana, alkohol dalam porsi sedikit dapat mengurangi kemungkinan pengerasan arteri dan penebalan dua kontributor utama darah ke serangan jantung.

3. Mengandung vitamin
Menurut penelitian di Belanda yang dilakukan TNO Gizi dan Makanan Research Institute, peminum bir memilki kadar 30 % lebih tinggi vitamin B6 dalam darah mereka dibanding mereka yang tidak minum bir. Vitamin B6 bermanfaat membantu melepaskan energi dari makanan, membantu pembentukan sel darah merah serta mempertahankan kesehatan sistim syaraf.