Kamis, 05 Juli 2012

Tips Sebelum Memberi Anak Ponsel

Anak & Ponsel

Jika Anda bertanya pada setiap orang tua tentang usia berapa yang tepat bagi seorang anak untuk memiliki ponsel, dapat dipastikan Anda akan mendapatkan jawaban yang berbeda-beda. Akan ada banyak alasan yang menguatkan pendapat masing-masing.
Ponsel memang merupakan sarana yang nyaman untuk berkomunikasi atau menjadi hal yang menyenangkan bagi anak, tapi di tangan yang salah, hal ini akan menjadi masalah besar untuk Anda dan anak itu sendiri.
Sebenarnya tidak harus berselisih menanggapi hal ini, silahkan baca beberapa faktor yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum Anda meng-iyakan anak untuk memiliki ponsel.

Pertimbangkan Kebijakan Sekolah

Besar kemungkinan setiap sekolah sudah memiliki aturan tentang penggunaan ponsel, seperti misalnya mewajibkan penggunaan ponsel mereka hanya saat jam istirahat, atau tidak jarang juga sekolah yang sama sekali melarang penggunaan atau bahkan memiliki ponsel selama jam sekolah. Carilah informasi mengenai hal ini langsung ke pihak sekolah.

Sekedar Gaya atau Kebutuhan?

Pertimbangkan apakah anak Anda memang benar-benar membutuhkan ponsel, atau hanya sekedar mengikuti teman-teman yang lainnya. Pelajari pengaruh baik dan buruk ponsel pada anak Anda. Yang ditakutkan, ponsel hanya digunakan untuk chit chat, bermain game atau hal-hal tidak bermanfaat lainnya.

Pilih dan Manfaatkan Ponsel dengan Smart

Sesekali anak-anak memang perlu untuk lebih aktif bersosialisasi, telepon selular menjadi cara untuk mengekspresikan diri dan bersosialisasi dengan teman-teman mereka. Sebaiknya Anda memilih jenis smartphone untuk anak Anda. Dengan smartphone, Anda bisa mengaktifkan GPS atau GadgetTrak lainnya agar tetap bisa melakukan monitoring tentang keberadaan anak.

Remember, Safety First

Luangkan waktu untuk mengajari anak bagaimana cara menghubungi nomor-nomor penting seperti kantor polisi, rumah sakit, guru atau saudara. Hal ini sangat diperlukan ketika Anda tidak dapat dihubungi, padahal saat itu anak Anda membutuhkan bantuan atau pertolongan dari orang-orang tersebut.
Tambahkan beberapa aplikasi untuk filtering akses internet, seperti pemblokiran konten pornografi, game atau kekerasan. Selain itu, Anda diwajibkan untuk melakukan pembatasan dalam penggunaan SMS dan panggilan telepon hanya ke nomor-nomor yang diijinkan.