Rabu, 25 Juli 2012

6 Tips Merawat Kulit Sensitif


Foto : Istimewa

Tak hanya makanan saja yang menjadi pantangan, produk kosmetika yang digunakanpun tak boleh sembarangan. Salah memilih produk, kulit akan muncul alergi. Selain obat yang harganya mahal, mengobati alergi juga memakan waktu yang tidak sebentar. Untuk itu, ketahui 6 tips merawat kulit sensitif berikut ini:
Tips 1:
Lakukan test pada bagian kecil kulit (pakai saja punggung tangan) saat mencoba produk baru. Biarkan selama setidaknya 24 jam untuk melihat reaksi pada kulit. Jika tidak terasa panas, tidak muncul kemerahan atau tanda-tanda alergi lain, maka Anda bisa menggunakan produk tersebut. Untuk lebih amannya lagi, pilihlah produk dengan label hypoallergenic.
Tips 2:
Pada beberapa kasus yang khusus (seperti rosacea atau eksim), kamu harus tahu makanan dan produk apa saja yang memicu alergi. Tanyakan pada dokter kamu dan produk/obat apa yang bisa kamu gunakan sebagai pertolongan pertama agar tidak bertambah parah.
Jangan mencoba mendiagnosa problem akibat alergi pada kulit sensitif, karena sekali kamu salah memakai produk maka bekasnya akan sulit untuk dihilangkan.
Tips 3:
Mereka yang memiliki kulit sensitif, dianjurkan untuk menggunakan produk yang non fragrance/non perfume (khususnya pada produk pembalut). Atau apabila memang kamu ingin menggunakan parfum, sebaiknya semprotkan saja pada baju, bukan pada kulit langsung agar tidak terjadi iritasi.
Tips 4:
Jika kulit kamu terlampau sensitif, pakai produk mandi dan keramas yang khusus untuk kulit sensitif. Atau kamu bisa mencoba produk sabun dan shampo bayi yang memiliki kandungan formula lebih lembut.
Tips 5:
Saat menggunakan deterjen, usahakan agar kamu selalu memakai sarung tangan dan tidak melakukan kontak langsung agar tidak terjadi iritasi.
Tips 6:
Gunakan sunblock saat beraktivitas di bawah sinar matahari langsung. Hindari kontak dengan sinar matahari langsung, dan gunakan topi atau pakaian yang dapat membantu melindungi kamu