Senin, 16 April 2012

Ubah Pola Hidup, Cara Jitu Cegah Kanker




Penyakit kanker telah menjadi momok yang menakutkan bagi setiap orang. Pasalnya, tiap tahun sekitar 292.000 pasien baru terdiagnosis dan 215.000 meninggal akibat kanker.
Meskipun penyebab dari penyakit tersebut belum jelas. Namun dapat dipastikan 90% disebabkan oleh faktor lingkungan dan gaya hidup.
Oleh karena itu, salah satu langkah paling awal untuk menghindari terjadinya kanker adalah mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan bugar.
“Pola gaya hidup sehat dan bugar. Jangan hanya sehat, harus ditambah bugar. Karena sehat saja itu hanya berarti tidak sakit. Tapi belum tentu bugar. Oleh karenanya ubah gaya hidup agar menjadi lebih sehat dan bugar,” jelas dr. Samuel Oetoro, SpGK.
Dr. Samuel menambahkan, “jurus” agar hidup dapat lebih sehat dan bugar sangatlah mudah, hanya dengan melakukan 5S saja yakni, makan sehat, pikiran sehat, istirahat sehat, aktivitas sehat, dan lingkungan segat.
Nah, ingin mengenal ‘jurus’ 5S lebih lanjut Simak ulasan ini…
Makan sehat
Yaitu dengan mengatur asupan makanan. Cukup sayur mayur dan lauk pauk yang mengandung nutrisi seperti vitamin, mineral, protein dan cukup karbohidrat.
Pikir sehat
Yaitu dengan menghindari stres dan berpikir positif.
Istirahat sehat
Tidak kurang waktu tidurnya. Waktu tidur cukup untuk orang dewasa adalahtujuh sampai delapan jam.
Aktifitas sehat
Jangan menyepelekan olahraga. Olahraga sangat penting untuk dilakukan.
Lakukan olahraga setidaknya 30 menit per hari.
Lingkungan sehat
Memilih lingkungan sehat yang bebas rokok dan alkohol.
Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Ketua Angel Voice of Indonesia, Hanny Moniaga menambahkan kanker sebenarnya dapat dicegah, karena kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh pola hidup tidak sehat.
“Langkah yang paling awal untuk menghindari terjadinya kanker adalah mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan bugar,” tegas Hanny.