Senin, 16 April 2012

Popcorn, Cemilan Sehat Kaya Antioksidan


Cemilan yang khas dengan kegiatan nonton di bioskop, seringkali disebut sebagai makanan yang kurang menyehatkan. Kadar garam yang tinggi membuatnya disamakan dengan junkfood lain.
Para peneliti dari American Chemical Society menemukan kandungan lain dalam popcorn yang baik bagi kesehatan.
Joe Vinson, salah satu anggota tim peneliti yang juga dosen di University of Scranton mengemukakan adanya kandungan antioksidan dalam popcorn.
Kadar antioksidan yang baik untuk menangkal penuaan dini dalam popcorn bahkan terbukti sama seperti yang terkandung dalam sayur dan buah-buahan.
Antioksidan dalam popcorn ialah polyphenol yang dikenal ampuh membasmi sel-sel kanker. Vinson dan para koleganya menemukan adanya polyphenol sebanyak 1,5% dari seporsi popcorn yang biasa dijual di bioskop.
Seperti diberitakan Huffington Post, adanya antioksidan dalam popcorn menjadikan makanan dari jagung ini sebagai cemilan sehat.
Cukup dua sendok makan jagung popcorn mentah, atau 33 gram popcorn siap saji, Anda akan mendapatkan asupan 500 miligram polyphenol atau setengah dari rata-rata kebutuhan polyphenol sehari-hari.
Popcorn juga termasuk dalam keluarga gandum utuh, sehingga dijamin mengandung serat. Tapi ada syaratnya.
Dikutip dari TIME, popcorn yang kaya akan serat ialah popcorn yang tidak dicampur dengan mentega, minyak atau garam, karena dapat menambah zat lemak yang kurang baik bagi kesehatan.