Senin, 15 Agustus 2011

Tiga Tanda Terkena Gangguan Tidur

Seringkali seseorang tak menyadari kalau sedang mengalami gangguan tidur.

Tidur (dok. Corbis)

Setiap orang pasti pernah mengalami masalah tidur. Tetapi jika Anda sulit tidur dalam hitungan minggu atau bulan, kemungkinan besar sedang mengalami gangguan tidur parah.

Seringkali seseorang tak menyadari kalau sedang mengalami gangguan tidur. Untuk itu perhatikan tiga tanda yang dilansir Health.com berikut. Jika Anda mengalaminya, bisa jadi sedang mengalami gangguan tidur serius dan segera periksakan ke dokter.

1. Selalu merasa lelah
Anda sudah tidur selama delapan jam tetapi saat bangun, tubuh tetap merasa lelah dan tidak segar. Selama siklus tidur yang normal, tubuh secara bergantian mengalami tidur nyenyak dan tidur ringan. Hal ini membuat seseorang bisa tetap terjaga saat tidur.

Tetapi, jika Anda masih mengantuk setelah tidur cukup lama, kemungkinan ada sesuatu yang menghambat tubuh dan otak untuk tidur secara dalam dan nyenyak. Anda hanya tidur secara ringan, sehingga saat bangun tidak merasa segar dan justru lelah.

2. Mendengkur

Pasangan Anda mengatakan kalau Anda mendengkur dan berhenti napas saat tidur. Mendengkur mungkin tidak berbahaya, tetapi juga dapat jadi tanda peringatan gangguan sleep apnea. Yaitu suatu kondisi saat saluran napas terhambat dan memicu henti napas saat tidur.

3. Kantuk berlebihan pada siang hari
Anda seringkali tiba-tiba tertidur saat sedang beraktifitas, seperti saat membaca atau bahkan saat menyetir. Hal ini bisa berbahaya terutama ketika Anda sedang menyetir. Rasa kantuk yang datang pada siang hari bisa disebabkan karena Anda kurang tidur atau tidur tetapi tidak berkualitas.