Senin, 15 Agustus 2011

Teknologi Penghitung Cemilan

Alat ini menghitung berdasarkan pergerakan tangan.

Bite Counter (Daily Mail)

Siapa yang tidak suka menikmati cemilan? Kebiasan ini memang menyenangkan, apalagi sambil menghabiskan waktu bersama teman-teman. Tetapi, jika menikmati cemilan secara berlebihan, hati-hati, karena bisa berdampak pada naiknya berat badan tanpa disadari.


Mungkin Anda tidak perlu khawatir lagi, karena ada cara untuk mengontrolnya. Pasalnya, saat ini ilmuwan telah mengembangkan perangkat yang diklaim dapat membantu seseorang untuk memperhatikan apa yang dikonsumsi dan jumlahnya secara akurat.

Para peneliti dari Universitas Clemson di Carolina, Amerika Serikat, mengembangkan alat yang diberi nama Bite Counter. Perangkat ini digunakan layaknya jam tangan dan mampu mengidentifikasi ketika pemakainya sedang menyuap makanan, yaitu dengan membaca pola gerak pergelangan tangan.

"Saat ini program penurunan berat badan kurang membuat dampak yang signifikan karena masyarakat cenderung meremehkan cemilan yang mereka makan dalam jumlah besar," ujar pemimpin penelitian Professor Eric Muth, dikutip Daily Mail.

Alat ini secara otomatis akan menghitung berdasarkan pergerakan tangan sehingga pengguna lebih pasti dan tidak ragu.

"Perangkat akan bekerja ketika dinyalakan dan dimatikan setelah makan, lalu akan menghitung berapa banyak gigitan ketika Anda mengemil," ujar rekan penulis Professor Adam Hoover.

Pada penelitian laboratorium, perangkat telah terbukti lebih dari 90 persen akurat. Hal itu terlepas dari pengguna, makanan, alat, atau wadah yang digunakan. Tim peneliti berharap mereka dapat menjualnya seperti perangkat monitor denyut jantung. Tertarik memilikinya?