Jumat, 19 Agustus 2011

Hati-hati, Perjalanan Bisnis Bisa Bikin Gemuk

Perjalanan bisnis yang Anda lakukan bukan hanya membuat berat badan naik drastis.

Wanita Gemuk (corbis.com)

Anda termasuk orang yang sibuk dan sering melakukan perjalanan bisnis? Berhati-hatilah. Pasalnya, seorang dokter dari Amerika Serikat, menemukan bahwa seringnya melakukan perjalanan bisnis dapat membuat Anda mengalami penuaan dini dan obesitas.

Dalam Science Journal, peneliti menuliskan bahwa perjalanan bisnis mengarah pada penurunan kesehatan secara signifikan, jika seseorang menghabiskan lebih dari dua minggu dalam sebulan di tempat lain. Hal ini tercermin dalam peningkatan berat badan secara drastis, meningkatnya indeks tekanan darah, dan penurunan secara umum pada kondisi kesehatan.

Seperti dilansir dari Genius Beauty, para ahli telah mempelajari catatan medis dari 13 ribu pekerja Amerika. Terdapat 80 persen pekerja yang menghabiskan setidaknya satu hari dalam sebulan untuk melakukan perjalanan bisnis dan satu persen diantara mereka menghabiskan sampai 20 hari dalam sebulan.

Analisis menunjukkan bahwa kesehatan pekerja yang menghabiskan setengah bulan untuk melakukan perjalanan bisnis, lebih buruk. Hal itu dibandingkan pekerja yang hanya menghabiskan satu hingga enam hari per bulan.

Namun, apa hubungan antara perjalanan bisnis dengan kesehatan? Hal ini dapat dijelaskan dengan dua argumen.

Pertama, 81 persen perjalan bisnis dilakukan dengan menaiki kendaraan yang membuat para pekerja harus duduk dalam jangka waktu yang lama. Kedua, dalam perjalanan itu, biasanya mereka akan kekurangan asupan nutrisi. Padahal, untuk dapat tetap fit, mereka harus makan dan minum tepat waktu.

Jadi, jika Anda termasuk pekerja yang sering melakukan perjalanan bisnis, jangan lupa untuk selalu membawa makanan-makanan kecil bernutrisi. Lakukan juga gerakan-gerakan kecil saat duduk dalam kendaraan.