Rabu, 24 Agustus 2011

Mengapa Wanita Lebih Cepat Beruban

Gen dan gaya hidup memengaruhi seseorang lebih cepat beruban.


Wanita beruban (realbollywood.com)

Rambut yang hitam legam akan berubah seiring bertambahnya usia menjadi abu-abu hingga putih alias beruban. Ada perbedaan diantara dua gender, pria dan wanita. Rambut wanita kerap lebih cepat beruban dari pada pria. Mengapa?


Sekelompok ilmuwan asal Inggris menemukan jawabannya. Sebuah penelitian skala besar menemukan bahwa gen serta gaya hidup wanita lebih cenderung menyebabkan rambut beruban. Hal ini berbeda dari teori sebelumnya bahwa tingkat uban pada seseorang bergantung pada faktor negatif seperti tingkat kesehatan, stres atau diet.

Para peneliti mempelajari lebih dari 200 saudara kembar identik dan non-identik berusia antara 59 hingga 81 tahun di Inggris. Kembar identik, yang berbagi gen yang sama mengalami kondisi rambut beruban yang identik pula.

Di sisi lain, kembar non-identik yang memiliki gen berbeda, memiliki tingkat uban yang berbeda.

Temuan yang dilakukan sebuah perusahaan perawatan rambut ini memperkuat kesimpulan bahwa perempuan beruban disebabkan sifat gen.

Menurut ahli, Anda tak dapat mengubah genetik dan pengaruhnya pada rambut. Namun, berbagai perawatan rambut yang sesuai kondisi tubuh dan kesehatan rambut akan memperlambat proses pemutihan rambut.