Minggu, 03 Juli 2011

Scrub Alami untuk Kulit Seksi

Melakukan scrubbing bisa meningkatkan sirkulasi darah serta menangkal selulit.

Perawatan kulit (Corbis)

Tak perlu membeli scrub mahal untuk membersihkan kulit. Parut saja apel segar atau campur oatmeal dengan strawberry yang sudah dihancurkan. Ramuan tersebut bisa Anda jadikan scrub untuk mempercantik kulit.

"Scrub tubuh memiliki fungsi eksfoliasi. Bahan abrasif seperti garam, gula atau bubuk kopi, bisa dijadikan scrub untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di permukaan. Lalu, merangsang tumbuhnya sel-sel kulit baru," kata Omar Farooque, konsultan spa, seperti dikutip dari Times of India.

Lapisan terluar kulit terdiri dari tumpukan sel-sel kulit mati. Pengelupasan teratur dengan body scrub berbahan alami, akan membuat kulit lebih sehat, cerah dan cantik. Melakukan scrubbing juga bisa meningkatkan sirkulasi darah, menangkal selulit, membersihkan pori-pori, menghilangkan rasa gatal serta memelihara dan melembabkan kulit.

Saat Anda melakukan spa, scrubbing adalah "wajib" hukumnya. Itu karena, scrub berfungsi menyiapkan kulit untuk perawatan selanjutnya.

"Scrub akan meremajakan dan membersihkan kulit, termasuk mempersiapkan kulit dan tubuh untuk menerima perawatan spa lainnya seperti pijat dan body wrap," kata Anna Fernandes, salah satu manajer spa.

Saat spa, setelah dilakukan scrubbing, biasanya dilakukan body wraping atau pijatan untuk membuat kulit terasa segar dan kenyal. Anda bisa melakukan scrubbing sendiri di rumah selama 30 menit. Setelah itu, bilas tubuh dengan air.

Lalu kenakan pelembab yang mengandung tabir surya untuk melembabkan lapisan kulit yang baru dan melindunginya dari kerusakan.

Penting untuk mandi atau membersihkan kulit dengan handuk hangat setelah melakukan scrubing. Fungsinya adalah untuk membersihkan sel-sel kulit mati yang sudah terkelupas.

Manfaat yang paling utama dari scrubbing adalah menghilangkan kulit yang kotor dan gelap akibat paparan debu dan polusi. Lapisan kulit kasar juga bisa Anda hilangkan dengan melakukan scrubbing secara teratur.