Minggu, 03 Juli 2011

Agar Kaki Mulus Bebas Selulit

Yang sering menjadi incaran selulit adalah bagian belakang paha, bokong, dan perut.

Bebas Selulit (doc Corbis)

Memiliki kaki indah bebas selulit adalah impian semua wanita. Namun, apa sebenarnya selulit dan bagaimana cara mengatasinya?


Selulit terbentuk akibat perubahan fisik seseorang yang terjadi pada lapisan lemak di bawah kulit. Selulit juga disebabkan penumpukan lemak pada kaki sehingga kaki tampak seperti kulit jeruk yang tidak mulus.

Selulit biasa terjadi pada wanita. Bagian-bagian yang sering menjadi langganan selulit adalah paha (biasanya paha belakang), bokong, dan perut.

Faktor pemicu lainnya adalah faktor hormon seperti estrogen, insulin, noradrenalin, tiroid, dan prolaktin. Karenanya, selulit sering muncul ketika wanita mengalami perubahan hormon seperti hamil, menstruasi, atau ketika mengonsumsi pil KB.

Makanan dan gaya hidup juga merupakan faktor penyebab munculnya selulit. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut triknya seperti dilansir dari situs Shine:

1. Minum banyak air
Hal ini dapat membantu tubuh Anda mengeluarkan racun dan membuat kulit Anda lebih sehat dan lembab.

2. Coba diet detoks
Hindari makanan-makanan olahan. Perbanyak konsumsi sayur, buah dan biji-bijian. Diet ini dirancang untuk membersihkan tubuh Anda dari bahan kimia dan bahan pengawet lainnya.

3. Makan Blueberries
Sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa blueberry adalah salah satu buah ajaib yang dapat menghilangkan selulit.

4. Gosokkan dengan tumbukan kopi
Cara ini adalah cara yang murah, namun sangat efektif dalam mengurangi selulit. Cuci kaki Anda dengan campuran tumbukan kopi dan minyak zaitun, lalu bungkus dengan plastik. Selanjutnya, bungkus kaki Anda dengan selimut dan duduk selama 20 menit agar kaki Anda menyerap campuran tersebut. Cara ini dapat mengurangi selulit jika Anda sering melakukannya.

5. Mandi air dingin
Di segmen akhir ritual mandi Anda, sempatkan untuk mengalirkan air dingin ke tubuh selama satu menit. Hal ini bagus untuk mengecilkan pori-pori kulit, serta menambah kilau pada rambut Anda.