Rabu, 13 Juli 2011

Agar Betah Bekerja di Kantor

Luangkan waktu untuk penyegaran pikiran di sela-sela kesibukan kerja.

Wanita Karier (doc Corbis)

Mayoritas pekerja gemar mengeluh atas pekerjaan yang seolah menyiksa menjadi beban berat. Mereka begitu mudah mengucap stres saat mendapat perintah atasan, atau menghadapi beban pekerjaan yang menumpuk. Yang terjadi kemudian, mereka malas dan kehilangan semangat setiap menuju kantor.


Anda mengalaminya? Coba lupakan sejenak perintah atasan, beban kerja yang menumpuk, juga target pekerjaan. Luangkan waktu untuk penyegaran pikiran di sela-sela kesibukan kerja. Agar betah dan bersemangat di kantor, simak trik berikut, seperti dikutip dari laman Shine:

1. Letakkan bunga segar di meja kerja
Bunga warna- warni yang rutin Anda letakkan di atas meja bukan hanya menyegarkan mata. Sebuah penelitian menyebut, keberadaan bunga segar di dekat area kerja akan memancing ide-ide lebih cemerlang.

2. Rencanakan makan siang istimewa bersama teman
Menikmati makan siang bersama teman kantor, tentu menjadi aktivitas yang selalu ditunggu-tunggu. Saling berbagi cerita, canda tawa, sembari bertukar menu makanan cukup menjadi penawar stres. Sebuah studi yang diterbitkan American Psychological Association menyebut, bergaul dengan rekan kerja dapat menciptakan kesenangan yang berdampak pada peningkatan harapan hidup.

3. Biasakan diri melakukan tugas multitasking
Jika Anda sudah terbiasa melakukan lebih dari satu tugas perkerjaan, maka Anda pasti mampu melakukan beraneka ragam jenis pekerjaan. Mengerjakan berbagai tugas akan membuat aktivitas Anda lebih melelahkan, namun tidak membuat Anda lekas bosan.

4. Cari hiburan di internet
Ketika Anda merasa bosan dengan pekerjaan yang Anda jalani, coba hibur diri sejenak dengan menyaksikan video-video lucu. Tak perlu beranjak dari meja, coba saja berselancar di YouTube. Penelitian membuktikan, karyawan cenderung melakukan pekerjaan lebih baik, setelah menyaksikan adegan-adegan lucu di kantor.

5. Istirahat dengan aktivitas menyenangkan
Penelitian menegaskan, semakin besar komitmen untuk pekerjaan, tingkat stres pun melambung. Jadi jika Anda benar-benar menggunakan semua intensitas waktu untuk bekerja, nikmatilah. Tapi jangan lupa meluangkan waktu sedikitnya 15 menit untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan. Ini penting untuk menyeimbangkan hidup di tengah stres tingkat tinggi.

6. Rencanakan liburan menyenangkan
Studi telah menunjukkan bahwa orang akan mengalami dorongan kebahagiaan yang lebih besar sebelum mereka pergi berlibur. Jadi jadwalkan perjalanan liburan yang menyenangkan, dan bayangkan suasana yang menyenangkan itu benar-benar terjadi setelah sibuk berkutat dengan bayak tugas kantor.